Matang dan Dewasa


Photobucket

By: ASN, Jakarta, 27 Desember 2008

Ketika kehidupan berkembang dan mengalirkan perubahan demi perubahan
Bertambahnya usia menjadikan kita menjadi semakin tua
Namun akankah menjadi tua selalu sama dengan menjadi dewasa..?

Sepertinya tidak selalu..
Sering kali justru ketuaan lekat dengan arogansi kekuasaan
Upaya penguasaan kekayaan seakan itu merupakan inti kehidupan
ada banyak sekali contoh orang-orang tua yang tidak dewasa

Ketuaan itu lekat dengan bertambahnya usia
Sementara kedewasaan itu lekat dengan bertambahnya tanggung jawab
Ketuaan itu memastikan kedekatan dengan akhir masa hidup
Kedewasaan membawa pemikiran menembus dimesi kehidupan setelah mati

Pada saat ketuaan itu lekat dengan senioritas, kekuasaan dan kepemilikan
Kedewasaan justru lekat pada kerendahan hati dan keinginan berbagi
Ketika menjadi sangat tua dan dekat egoisme individual dan kelompok
Kedewasaan tak mengenal surutnya keinginan melayani sesama

Pada saat ketuaan itu lekat dengan kebahagiaan pribadinya
Kedewasaan justru lebih mementingkan kebahagiaan orang lain
Ketika ketuaan sering berpusat pada keserakahan dan benturan kepentingan
Kedewasaan justru mengekspresikan kebijaksanaan dan keadilan

Betulkah kita sudah menjadi dewasa..?
Atau kita hanyalah setumpuk raga yang matang atau tua secara usia?

    *Foto “Rambutan Binjai Menjelang Matang” diambil di halaman rumahku, di Jakarta, tanggal 10 Agustus 2003, pukul 09.06 pagi.
About these ads

50 Responses

  1. pagi, bang nug.. ada menu apa pagi ini? wah tidak ada sarapan di gubuk reyotku pagi ini, bang.. :)

    Wah.. pagi ini aku masak rib smoked beef+Roti+Telor mata sapi. Selalu dengan teh hangat sebagai minuman pembuka pagi dan secangkir Kopi Tubruk + Gula. It is a big breakfast today my friend. Come and join have a breakfast together… We could have Rambutan Binjai fruit there after, if you like. We could just take them from my yard.. :)

  2. ah saudara, kata2mu selalu bersentuhan dengan imajinasiku
    ah saudara, andaikan kedewasaan itu dapat di jual belikan tentu saya telah memborongnya dengan sekepal uang…
    tapi tidak,
    iya hanya tumbuh dari bunga2 kehidupan
    iya tidak didapatkan diemperan kaki lima
    ia adalah perisai hidup kita
    sampai saatnya tiba, ia takk akan lapuk ditelan masa…

    Sahabatku Ario,
    Aku tau kau tak perlu membelinya atau mencarinya kemana-mana
    Perjalanan hidupmu adalah school of life yang akan memberimu pendewasaan alami
    Dan pendewasaan alami adalah perisai yang terbaik
    Karena akan menjadi perisai yang meresap dalam jiwa
    Hingga jiwa harus berpindah kedimensi hidup yang lain..

  3. drei mal…

    vielen Dank mein Brueder.

  4. kedewasaan itu adl ktika kta brani mempertanyakan kedewasaan itu sndri…

    tidak ada yg bnar2 dewasa di dunia ini, krna manusia adl sbentuk kompartemen waktu yg hinggap di pematang usia..

    Hm.. aku membacanya beberapa kali secara perlahan..dan menangkap makna yang dalam banget dalam uraian katamu sahabatku..
    Sesungguhnya kedewasaan juga tak lepas dari hakekat kita sebagai manusia yang tidak sempurna. Dan perjalanan hidup manusia itu, merefleksikan pendewasaan dan ketidak sempurnaan kedewasaan itu pula, sebagai proses yang sangat alami.
    Akh.. aku menyukai daya tembus pemikiranmu yang tajam sekali sahabatku.. :)

  5. Ada yang nyelip…. padalah tempat itu sudah biasa saya reservasi, tapi tak apa lah, berbagi tempat untuk orang yg membutuhkan, tidak perlu serakah, hauhauhauah :)

    Jiakakakak.. lucu juga liat acara balap karung antar 2 sahabat pagi2 selepas subuh.. :)

  6. bagi sya, kdewasaan itu hny satu. ktka kta bsa memperlakukan usia kita dgn baik…

    Dan bagaimana kita bisa memperlakukannya adalah juga sesuai dengan kemampuan kita sesuai usia kita saat itu khan..? :)

  7. hiyaaa, dibela2in naik ranjang agk cepet. biar paginya bsa nyolong PERTAMAX..

    eh, udh ada yg ngantri dari pagi jg :))

    lam kenal bang, resi…

    Hahaha…
    Gak apa2 sahabatku yang Keduax.. hari ini juga akan menerima sekeranjang Rambutan Binjai.. :)

  8. ah, absen HATRIX ah..

  9. yeppp, akhirnya HATRIX jg. gpp deh ga PERTAMAX jg..
    QUATRIX bs ga yaa…

  10. btw, bang nug, ada alasan u/ sya datang ke rumah nih.. *nyolong rambutan* *melototngilerjilatingambarrambutan* :)

    Hahaha.. sahabatku, kau mengingatkan proses pendewasaanku yang sangat berwarna dimasa mudaku.. dan membuatku tersipu malu.

    Kubuka sedikit rahasia.. Saat itu bukan hanya rambutan yang membuat dipekarangan orang yang membuat mataku hijau. Tapi juga, Jambu Air Merah, Sirsak, Jambu Mete (disana disebut Jambu Monyet) dan Durian… Dan, aku (bersama beberapa sahabat nakalku) selalu tau buah2an dirumah siapa saja yang akan matang saat kami menggunakan sepeda mini berputar-putar kompleks.. Aku masih ingat saat harus bersembunyi.. diam tak bergerak.. diatas pohon rambutan dipekarangan rumah orang saat yang punya tiba2 keluar dari rumahnya dan teman2ku berhamburan kabur sementara aku terlalu beresiko untuk turun memilih diam dalam kegelapan dibalik rimbunnya dedaunan… Huahahahaha… :)

    Yah.. sudahlah, mungkin masa2 itu juga yang membuatku kini menjadi lebih menghargai arti kepemilikan orang lain… :)

  11. menjadi dewasa itu pilihan.. makanya perlu ada pembelajaran yang terus berkelanjutan untuk menjadi dewasa..

    *bingungabisngomongapa*

    btw, rambutannya looks yummy.. :(

    Ah.. ada bidadari Putri Negeri Angan rupanya..
    Selamat datang bidadari.. makasih sudah berkunjung kerumahku..
    Salam kenal yaa.. :)

    Aku setuju dengan kata2mu bidadari.. Kedewasaan itu tak datang sendiri, perlu proses pembelaajaran untuk memperolehnya.. :)

  12. dede : “mah, dede kan dah 21 thn……jadi aku kan dah besar mah dan dewasa…”

    mama dede : “sayang……dewasa itu bukan dilihat dari umur km yang udah 21 thn, tapi kedewasaan adalah saat de bisa mengambil langkah dalam hidupnya de dengan penuh tanggung jawab serta bijaksana dalam menyikapinya dan menerima segala kosekuensinya. Apa de dah bisa sepenuhnya seperti itu…??”

    dede : *cuma monyong2 sambil mikir2*

    mama dede : ” menurut mama dede sedang berproses koq menuju arah dewasa, dan mama juga masih belajar, itu sebabnya mama masih ada disetiap langkah hidup kamu untuk tetap mengarahkan denya”

    dede : “but mom,…..I wanna try to do all by myself”

    mama dede : *sambil senyum2* “bener nie…?? lha wong baju yg de pake aja masih mama yang beli’in (walau uangnya dari de2), terus klo mau kerja masih nanya baju blezer de mana mah?, mau pake sendal juga masih nanya sendal dede mama liat ga?, mau pake kerudung juga nanya mah klo pake yang ini cocok ga?, trus yang paling penting masih sering tanya menurut mama ‘Dia’ gimana???…dan masih banyak lagi kan de ulah kamu yang masih bikin mama menganggap de gadis kecilnya mama…”

    dede : *masih mengerutkan kening* ” tapi mah……..”

    mama dede : *sambil peluk dede* “de…mau tau ga??”

    dede : “Tau apa…??”

    mam dede : “kamu buat mama adalah anak yang jauh lebih dewasa dari anak seumuran kamu, karena dibalik sikap manja serta cengeng kamu mama tau segala hal yg udah de jalani semuanya adalah hasil dari kedewasaan km. mama bangga sama de, km setelah lulus langsung kerja untuk biaya kuliah km sendiri dan itu adalah hal yang paling dewasa untuk mama. maaf ya mama ga bisa kasih kamu fasiitas kuliah…sampe2 denya harus cari uang sendiri…(meniitikan air mata)”

    dede : *ikut menangis*

    dan

    ………………………………………………………….

  13. dede : “jadi dede dah dewasa mah?”

    mama dede : “dah merem, tidur…”

    dede : “Waaddduuu……….” *bingung mode ON*

    Bidadari Dede..
    Sungguh berbahagia kamu bisa mendapatkan proses pendewasaanmu bersama Mamamu yang pasti sangat mencintai mu itu..

    Kemanjaanmu juga kadang tak membuat seseorang kehilangan kedewasaannya karena kedewasaan adalah fondasi di jiwa saat kita melakukan tindakan real dalam hidup sedangkan kemanjaan adalah kenikmatan hidup yang menyenangkan merupakan tiang-tiang dijiwa yang memberi warna yang sangat menyenangkan tanpa mengurangi sisi kedewasaan seseorang.

    Sepertinya kau memiliki keduanya itu bidadari De.. :)

  14. Hehehehehehe…….*cengar-cengir mode ON*

    Maaf ya mas Noeg, comment dede jadi lebih panjang dari postingannya…..

    *ambil langkah kecil2 sambil menuju pojok ruangan*

    That’s alright angel Dede..
    I always happy to have you each time you come and visit my house.. :)

    Come and sit here, gak usah mojok gitu.. :)

  15. termasuk yg mana ya :D

    Hi sahabatku Harri.. apa kabarmu hari ini?

    Hm.. masih bingung ya.. ?

    *Tersenyum melihat seorang sahabat lagi ngitung kancing di pojokan…* :)

  16. Duh.. jadi malu…
    Saya kan masih suka gak tahan dan nyolong rambutan tetangga kalo liat yang hampir matang gitu…
    Boleh kan.. saya kan belum dewasa.. :)

    *Menutup muka dengan kedua tangan..* :)

    Akh.. sahabatku Tony ini walaupun secara kriteria sudah masuk kategori dewasa, memang masih suka “nakaaaal banget” deh.. Jiakakakak…

    *Sambil masang kabel listrik (cuma buat mengejutkan, gak sampai mematikan) orang dewasa yang sudah mulai muter2rin halamanku sejak tadi malam.. :)

  17. Mas Nug…
    Saya adalah gadis (manis) yang (merasa) sudah dewasa…
    Tapi kalo Mami dateng aku suka sekali tidur kelon-kelonan sama Mami…

    Jadi udah dewasa belum sih..? :)

    Wah.. bidadari Asti,
    Aku juga.. Lho..??? :)

  18. Semoga kalaupun tua, seperti halnya tanaman, yang daunnya luruh masih berguna untuk rabuk.
    Demikian juga manusia, kematangan hendaknya bisa dimanfaatkan untuk tetap berguna bagi lainnya.

    Ah.. Bidadari Bunda Enny,
    Kebijaksanaanmu sesungguhnya refleksi kedewasaan tertinggi seorang manusia…
    Pastilah anak2 dan lingkungan sekitarmu selalu sangat berbahagia mendapatkanmu ditengah mereka.. :)

  19. Kedewasaan gak bisa dilihat dari usia…
    Kedewasaan hanya bisa dilihat dari cara seseorang tersebut memperlakukan dirinya, cara membawa dirinya, cara menyikapi masalah yg dihadapi, dan juga caranya bertanggungjawab atas apa yg dilakukannya…

    Secara hakekat pendekatan harapan betul sekali sahabatku..
    Hanya saja dari sisi fisik manusia, usia yang masih belia dan kadang usia yang sudah sangat tua, membuat kesadaran atas kedewasaan menjadi diluar kekuasaan mereka, dan kita2 yang mungkin berada diusia antara itu yang mesti bertoleran dengan itu.. :)

  20. Yup betul dewasa itu lekat dengan tanggung jawab…

    Dan.. kadang itu tak selalu mudah yaa sahabatku bidadari Erna..? Butuh ketulusan hati juga sepertinya.. :)

  21. saya setuju dengan pak nugroho,
    banyak sekali saya jumpai orang tua yang tidak menunjukan kedewasaannya dan tidak jarang yg justru menurun menurut saya.

    Sahabatku Heru..
    Memang fakta itu banyak terjadi ya..? Semoga menjadi pelajaran bagi kita semua yaa.. agar proses pembelajaran kedewasaan kita bisa dilakukan dari pengalaman orang lain (tanpa harus mengalami jatuh bangun sendiri)… :)

  22. Mas Nug,
    Dalam batasan yang paling sempit apakah benar konklusiku bahwa dewasa = tanggung jawab..?

    Ada banyak definisi kedewasaan sahabatku bidadari Tika. Namun, dalam batasan paling sempit (satu kata) aku tak bisa simpulkan lain kecuali itu bidadariku. Ya, tanggung jawab.

    * Mirip kesimpulan Bidadari Erna, juga yaa..*

  23. bang…..comand aku nanti dulu yach
    sekarang met akhir pekan saja dulu
    salam hangat selalu

    Santai aja sahabatku..

    Salam hangat selalu :)

  24. wah, rambutannya enak kayaknya.
    “lho kok malahan komentarin rambutannya?”
    hehe…

    Hehehe boleh aja kok sahabatku Musyafa.. :)

    Mau duduk bareng sambil minum teh hangat sambil makan Rambutan Binjai yang sudah matang di pekarangan rumahku..? :)

  25. Dulu saat aku masih kecil, hidup terasa tak mudah.. Semakin bertambah usia, tingkat kesulitan semakin bertambah. Tapi aku rasa seimbang dengan kemampuanku yang terasah oleh pengalaman.
    Dewasa itu alamiah, tapi kesadaran untuk menjadi dewasa, itu yang harus dipejari.
    Teman seusia kita tidak selalu berpikir dia mampu untuk menghadapi sebuah masalah yang sama dengan yang kita hadapi, padahal kita berpikir itu masalah yang biasa2 saja..
    Konon umur beberapa orang boleh saja sama, tapi usia mental dan kedewasaannya belum tentu sama..

    “Mas Nug, kira2 saya sudah dewasa belom?? :mrgreen:

    Akh Bidadari Wia, kau sangat dewasa dan bijak.. :)

    Tapi kalau mau yakin, gak pa2 sini masuk kotak Pengukur Kedewasaan Imaginer ku.. Nanti akan ada print out laporan tingkat kedewasaanmu secara akurat.. Hehehehe..:)

    *Sambil Manggil Dora Emon, mau pinjam kotak yang tadi dia janjikan..* :)

  26. Kanak2 dan dewasa akan kita lewati sbg fase hidup kt. Dua hal ini seperti dua kutub yg berlawanan tp saling menyeimbangkan. Dengannyalah kita benar2 bs menjadi manusia yg utuh. Sisi kanak2 tdk boleh kt hilangkan tp jg tdk boleh semakin mendominasi hidup kt selaras bertambahnya usia kt. Menjadi dewasa berarti siap dg segala konsekuensinya. Dewasa bs berarti kterbukaan, kluwesan,menghargai,memberi dan msh byk lg. Seseorang yg dewasa mampu memikul beban yg berat dan menyelesaikannya

    Ya, sahabatku Hanif,
    Ada banyak yaa dimensi kedewasaan.. :)

  27. seyogyanya setiap selesai sholat kita terlahir kembali ya mas Nug… :)
    yang makin hari seyogyanya makin berbudi… :)
    bila ndak, mungkin ada yang salah dengan sholat kita ya bang Nug… ? :)
    “Betulkah kita sudah menjadi dewasa..?”
    untuk ukuran awam, dewasa mungkin kalu sudah tidak nangis lagi… hihihi… :)
    *mas Nug pasti ga setuju nih… hahaha… :) *
    *mode berbisik on* sstt, mas Nug, kata temen saya ,kalu nangis, diem2 aja…, nanti kalu ada yang dengar, hilang pahalanya… hahaha :)

    ah semakin ok aja nih saudaraku… :) hahaha… :)

    nyambung ga nyambung, peace…! hahaha… :)
    yakin, hari ini ketawaku lebih keras dari ketawa mas Nug… hahaha… :)

  28. hmmm… tua itu pasti…
    dewasa itu pilihan…
    eh kayaknya sering dengar kata-kata kayak gitu hehehe

    Hm.. it could be true, I guess. That is why some people choose not to be adult even they are old already.. :)

  29. ini nih kalo baca blog pengacara…hebat deh atur kata-kata hehhee.. bagus sekali apresiasi tentang kedewasaan… suka banget ! menurut saya mah dewasa = makin bijaksana… itu ajah..

    Ah .. bidadari Ung yang baik,
    Kau benar sekali sepertinya aku miss that point. Sekarang sudah kutambahkan dan masukkan dalam tulisanku.

    Makasih banyak yaa…

    Salam hangat selalu buatmu dan Akong :)

  30. Menjadi dewasa karena tempaan peristiwa

    Menjadi dewasa adalah pendidikan dalam jiwa

    Menjadi dewasa adalah penerapan kebijaksanaan dalam setiap tindakan,perkataan dan pemikiran

    Menjadi dewasa bukan suatu pilihan tapi suatu keberanian untuk sebuah keputusan dan sebuah pelaksanaan

    Mau belajar nih, dari Mas Nug, biar aku bisa dewasa!

    Akh.. bidadari Aling, aku suka sekali kalimatmu ini:

    “Menjadi dewasa bukan suatu pilihan tapi suatu keberanian untuk sebuah keputusan dan sebuah pelaksanaan”

    Terima kasih untuk telah berbagi bidadariku..

  31. lahir—>anak-anak—>remaja—->tua—>mati

    itu semua adalah proses kehidupan..semua orang yang hidup sampai tua telah merasakannya..nah bagaimana dengan kita??kata kata dewasa adalah saat saat dimana kita mengerti untuk apa dan untuk siapa kita menjalani hidup ini…salam hangat dari moscow(saat ini suhu udara minus 17)

    Akh.. bidadari Dinda sedang di Moscow rupanya..

    Kata2mu yang ku bold+italic itu, sesungguhnya menunjjukan kedewasaanmu Bidadari Dinda.

    Hm.. yang pasti sepertinya bisa awet muda deh kalo disana terus.. Minus 17 kan seperti suhu didalam Freezer dan Freezer kan bisa mengawetkan macem2 barang agar gak cepet rusak/busuk.. :)

    Trus kamu masih muda jadi awet muda terus (disuhu gitu) udah dewasa belum yaa..? :)

    Salam hangat dari Indonesia Bidadari Dinda… Semoga akhir tahunnya menyenangkan dan gak terlalu freezing yaa.. :)

  32. Kalo rambutan lain lagi, yang dicari mah tuanya hehe (berarti matang) :D
    Kedewasaan adalah kematangan pola pikir dalam bersikap dan bertindak-laku. Bijak dalam menyikapi hidup. Semoga saja saya bukan hanya bertambah usia dari waktu-ke waktu melainkan menjadi orang ” dewasa yang bijak.. Tuaa? lewat!!!….hehee…. (gimana sih …..pengennya tetep mudah) :D

    Yup, semoga jadi orang dewasa tapi mudah terus ya sahabatku bidadari Rita.. :)

  33. Photonya bikin ngiler aja!

    Salam kenal!

    Salam kenal juga ya Yulia. Makasih sudah mampir kerumahku..

    Mau..? rambutannya masih ada (dikit) tuh dipohon.. :)

  34. heeeee harusnya judulnya dewasa dan matang karena banyak orang dewasa yagn tidak matang, kalo anak kecil matang kan kasian pasti ada sesuatu yagn bikin dia jadi matang duluan…biasanya pegnalaman hidup!!!

    tapi orang dewasa matang itu agak susah dicari karena banyakan orang dewasa tapi tetap hidup di dunia anak anak…..kayak kalo orang bilang ” there’s boy live inside a man”………tul gak ??

    tapi kalo gue tahunya “matang puun itu jauh lebih enak dari di perem”…..he.he.he…

    kok itu rambutan gak nyampe ke gue ya ??? pak bowo suruh anter napa ???? kalo gak tar gue panjat sendiri aja deh ama kakak….hiihihhi…

    Itulah sebabnya sengaja aku panggil Bidadari Grace. Mana ada bidadari manjat2 pohon rambutan sih…?? Udah terbang aja yang maniz sana sambil tebar pesona.. Jangan nakal2.. Jiakakakak… :D

  35. ini bidadari yang cuma satu diantara seribu….kalo bidadari pake pake baju putih, kalo geu pake celana pendek ama tanktop and sepatu keds plus ransel……kayak biasanya lah….

    jadi boleh manjat ya ??? kemarin kan udah kasih ijin pas kita ketemuan di citos ??

    Dasar Bidadari Grace… Udah dikasih title ‘bidadari’ biar aman tuh Buah Rambutan gue dari incerannya, tetap aja masih ngotot mau manjat… Sekarang gue undang aja deh biar puasss.. Iya Bidadari Grace, kalo mau manjat sendiri silahkan… Tapi hati2 diatas ada sarang lebah.. dan buahnya tinggal satu dua doank karena kemarin aku membiarkan anak2 tetangga pesta pora Rambutan dihalamanku…

    *Eit.. menurut buku panduan jadi bidadari bab 2, bidadari dilarang nyubit…!! Huahahaha.. :D

  36. indah kata2 abg,,,
    saya sangat suka,,,^^
    memberikan motivasi tersendiri buat saya…

    Makasih sahabat.. Senang mendapat kunjunganmu.. :)

  37. kecil jangan disangka anak besar jangan disangka bapak….

    mungkin relevan dgn intisari kata2 ASN ini….

    walau usia belum tua,,bs memberi pandangan yang dewasa dan matang…

    sebaliknya belum tentu dah tua bs memberi idea bagus….malah kadangnya berperangai juga keanakan….

    hmm walau apapun..rambutan yg belum matang juga enak..ehehe

    Hahaha… Rambutan Binjai itu, setengah matang juga sudah manis, Nor.. Mau? Makasih ya.. :)

  38. karerureun euy katakatana ..<
    abdi terkesima jadina ..<

  39. add blog aku bos :)

  40. tetap bepikir apa adanya .
    mngkin .

  41. goood bahhhh
    siahaan go000g

  42. lihat lh msa dpan mu
    jngn penh ingat masa lalu
    biar tdk jd beban
    :) :D
    085355856737

  43. Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan besar adalah dengan mencintai apa yang Anda lakukan, walaupun sebenarnya anda membencinya

  44. Pengalaman banyak mematangkan saya…baik itu pengalaman diri sendiri maupun pengalaman orang disekeliling saya..

    Namun kadang2..kita boleh mendewasakan diri atau kadang2 boleh merasa diri keanak-anakan…tergantung dengan siapa kita berurusan… :)

    * want that rambutan!!
    it reminds me of my home…huhu

  45. -Vky-
    Manusia TerLahir SperTi sHeLai KerTas Putih Kosong !
    Yang aKan TerCorat-Coret Oleh Bragam Faktor2 Lingkungan Yang aKan Membentuk KarakTer Dan KepriBadian Manusian DaLam Proses Yang Panjang !!!.

    Stiap manusia Tidak akan menemukan arti kedewasa’an dgn faktor umur….
    MeLainkan Pengalaman dan Lingkungan Lah yg aKan Membentuk karakter KeDEWASA’an Itu..!

    Sya vicky…
    Cuman membantu smua dlm membentuk KEDEWASA’an itu…
    Percaya Bukan Karna Umur Kita Dewasa….
    – TABULARASA -

  46. sebenar”y gmn cara mendapatkan kedewasaan dalam kehidupan kita sehari-hari,,dan bagaimana mengatasi masalah secara dewasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 287 other followers

%d bloggers like this: