Terima kasih Ibu


By: ASN, Jakarta 31, Januari 2010

Menjelang senja dipertengahan tahun 60an
Saat ekonomi kolaps dan bangsa ini porak poranda dalam gejolak
Letih seharian berkeliling menawarkan kain batik dari rumah ke rumah
Berusaha menambah beberapa sen uang untuk tambahan hidup keluarga
Seorang perempuan muda pulang ketempat mereka menumpang di Kebayoran

Disudut ruang seorang bayi laki-laki berumur beberapa bulan menangis
Perempuan muda itu goyangkan ayunan selendang
Tenangkan manusia mungil yang sedang lemah
Terdengar bunyi nafas sesak anak itu dibalik penyakit Bronchitis kronisnya
Dekapan hangat dan aliran cinta hentikan tangis si anak yang lapar

Tak ada susu yang bisa terbeli, namun tak ada keluh kesah luluhkan hati
Kehidupan yang tidak mudah itu adalah tantangan
Hadapi dengan keberanian dan nikmati kehidupan dengan realistis
Sedikit barang yang bernilai pun dijual untuk membeli obat anaknya
Perempuan itu tak pernah berhutang, walau tak cukup uang untuk membeli susu dan obat anaknya yang sakit keras

Seorang perempuan tangguh, bijak, penuh cinta kasih..

Empat puluh tahun kemudian…
Tatkala usia perempuan itu mulai masuki masa tua
Tubuhnya mulai digerogoti kanker usus yang mulai menjalar ke Pangkreasnya
Ia masih menunjukkan keberaniannya yang luar biasa menghadapi hidup

Ia jalani pembedahan besar dengan yakin dan senyuman
Kehilangan beberapa bagian organ penting tubuhnya
Disambung kemoterapi intensif selama 6 bulan tanpa henti, setiap harinya
Dia kembali berikan contoh nyata, keberanian menghadapi kehidupan
Walau dititik-titik tertentu semuanya tak ada yang mudah

Dibalik hari-hari tuanya kini, semangat itu masih terpancar kuat
Sebuah refleksi cinta kasih yang tulus tanpa batas
Sebuah keberanian menghadapi realitas kehidupan yang tak sempurna
Sebuah keteladanan yang luar biasa mengatur arah kehidupan
Sebuah arti kehangatan keluarga

Tak ada kepekaan instuisi yang lebih tajam darinya atas kondisi anak-anaknya
Tak ada kata yang cukup untuk ekspresikan terimakasihku untuk perempuan itu
Tak ada dekapan hangat, dan pelukan yang cukup ungkapkan cintaku untuknya
Tak ada sembah sujud yang cukup ungkapkan hormatku padanya
Tak ada balas budi yang cukup untuk semua pelajaran kehidupan yang telah diberikannya

Namun dengan bait-bait kata ini..
Aku tetap ingin ungkapkan isi hatiku, untuk semua yang telah kau berikan

Terima kasih ibu…

Sebuah puisi untuk ibuku.
Ungkapan terima kasih, hormat dan cinta kasihku yang tak terhingga untuk seorang perempuan yang telah memberi cintanya secara utuh, membesarkan dan mengajarkan arti kehidupan yang membawaku ketitik perjalanan kehidupanku hari ini. Dia adalah Sumarmi, ibuku..

    *Foto “Ibuku” ini diambil sekitar tahun 1993 dan 14 November 2009.
About these ads

68 Responses

  1. aduh mas, aku terharu sekali bacanya…
    sebuah pernyataan cinta pada Ibu, yang memang jasanya tidak bisa terbalaskan.
    Ulang tahun kah?

    ohayou
    EM

    Gak, bidadari Emiko, bukan ulang tahun. Hanya sedang ekspresikan terimakasihku atas aliran kasih sayangnya yang tak kenal waktu, hadir setiap saat… Harusnya ekspresi seperti itu gak perlu nunggu pas ulang tahun atau hari ibu khan..? :)

    • Tentu tidak perlu menunggu ulang tahun atau hari ibu…
      tapi boleh bertanya kan? apakah berulang tahun atau bukan ;)

      • Hahaha.. Boleh aja Bidadari Emiko. Udah dijawab kan. Bukan ulang tahun. Gak ada event apapun sih..
        Teringat aja sama beliau. Terlebih setelah Lala ngingetin di status FB nya. :)

  2. Pagi Nug. Kata2 ini membuatku speechless… Teringat akan ibuku…

    Hm.. Sahabatku Asrul, soal apa yang telah dilakukan ibu untuk kita rasanya sudah gak perlu dibahas lagi. Yang sering susah atau mungkin kurang terekspresikan adalah justru gimana kita berterima kasih untuk semua itu.. :)

  3. iya terimma kasih ibu

    Makasih juga untuk kunjungannya Sahabatku Didta :)

  4. Mas Nug….saya terharu…
    Perjuangan ibu sungguh berat, terutama dalam masa krisis.
    Karena perjuangan beliau, mas Nug bisa seperti sekarang.

    Terbayang alm ibuku…iya, tahun 60 an itu sungguh berat, saya masih SD, setiap hari mendapat jatah beras, minyak goreng, minyak tanah…yang harus diambil dari toko tertentu. Dan kamipun makan nasi jagung dicampur beras, kadang dari gaplek….hmm berkat olahan tangan ibu dan kasih sayangnya, makan gaplek dan sayur lodehpun terasa nikmat. Saat itu tak ada beras sebutirpun di toko-toko di kota kami….

    Iya Bunda.. demikian besar peran Ibu dalam perkembangan anaknya. Hanya kadang tidak selalu mudah mengekpresikan betapa sianak juga mencintai dan menghargai semua upaya ibunya.. :)

  5. Sangat menyentuh Mas.. Hanya Ibu yang hebat yang bisa jadikan anak hebat juga.. :)

    Hm.. Benar sekali Bidadari Sari.. :)

  6. ibu selalu menjadi tokoh inspirasi bagi saya…karena hanya ibu yang mampu memberi kedamaian

    salam kenal mas :)

    Makasih telah berkunjung kerumahku. Salam kenal juga Bidadari Ida.. :)

  7. Sangat mengharukan… Iya Mas, aku jarang bisa secara langsung ekspresikan cinta dan terimakasihku untuk bundaku.

    Langsung buat planning, kunjungi bundaku pulang kantor ntar… :)

    Makasih Mas Nug, telah mengingatkan..

    Ekspresikanlah selagi sempat sahabatku… :)

  8. yupz,, ibuku adalah orang terbaik didunia hehe

    berkunjung n ditunggu kunjungan balik

    Ibu kita adalah pahlawan masing2 kita ya Sahabat baruku Darah Biroe :)

  9. Kalau ini Facebook, aku akan meng-klik tanda jempol. Because… I like this!

    Makasih, Mas Nug.. untuk tulisan yang indah ini.. Sumprit, mataku langsung berkaca-kaca membacanya…

    Makasih kembali Bidadari Lala..

  10. Mas Nug,
    Speechless aku baca puisi mu ini. Indah sekali…

    *Siap2in tissue dulu ah…

    Itu tissue buat apa bidadari Dien..? Jangan2 kamu lagi pilek.. :D

  11. Bila kuingat telah ayah bunda bunda piara piara …
    Jasa ibu dan ayah tiada penggal …

    Mas Ben

    http://bentoelisan.blog.com

    Hi sahabat baruku Mas Ben.. Makasih telah berkunjung kerumahku.. :)

  12. Wahhh ibunya hebat Pak…. :-)
    Tapi meski mungkin tak sehebat ibunya Pak Nug, saya juga sangat bangga dengan Ibu saya yang telah melahirkan 8 putra putrinya dengan perjuangan yang dapat kami rasakan beratnya… :D

    To all mommy in the world.. I respect their fight to rise their children..uhuk uhuk uhuk…

    Semua ibu hebat Bidadari Fitri. Mereka adalah yg terhebat untuk anak2nya. Gak bisa membanding-banding mereka satu dengan lainnya.. Situasi dan kondisi yang berbeda, tantangan kehidupan yang berbeda, meletakkan mereka sebagai pahlawan bagi masing2 kita.. :)

  13. Tersentuh, dan pengen buru2 pulang memeluk mamaku. I love you Mom…

    Makasih Mas udah mengingatkanku..

    Eh, malah belum kenalan. Salam kenal yaa.. Blognya bagus.. :)

    Salam kenal juga Bidadari Vita. Makasih sudah berkunjung kerumahku. Ya, pulanglah dan beri pelukan dan alirkan kasih sayangmu untuk mamamu… :)

  14. cinta ibu sepanjang masa…. aku cinta ibu…..
    salam kenal mas dari Kalimantan Tengah…

    Salam kenal juga Sahabat baruku Bayu. Makasih telah berkunjung kerumahku… :)

  15. sebuah dedikasi tuk seseorang sangatlah terlihat baik saat ada hawa kejujuran diniatannya
    san blue ikut menitip salam dan doa untuk orangtua mas Nug
    salam hangat dari blue

    Makasih untuk salam dan doanya sahabatku Blue :)

  16. …….
    …….
    …….
    Karena sejarah telah ditulis, hanya Al Fatihah yang setiap hari saya kirimkan.

    Sejarah tak bisa berubah sahabatku Adi. Al Fatihah itu akan banyak berarti untuk mereka dan untuk kita juga.

  17. tulisan om Nug kali ini cukup membuat seluruh badan saya bergetar…
    memang sungguh luar biasa perjuangan ibu² kita, semoga Allah senantiasa memberikan ridho-Nya untuk ibu..amin

    salam, ^_^

    Turut dalam doa sahabatku Didien. Amiin..

  18. mas…aku suka banget tulisan ini, jadi kangen sama mamaku deh.

    ibu memang adalah sosok yg sangat amat tulus dalam membimbing anak2 mereka, menyayangi dan merawat anak2nya.

    Sosok ibu/mama memang teramat special ya Bidadari Ria.. Ekspresikan cinta dan terimakasih kita selagi sempat.. :)

  19. Tertegun lama membaca bait demi bait..
    Ekspresi terima kasih dan cinta yang luar biasa
    Pelajaran kehidupan yang luar biasa

    Terima kasih Mas Nug telah berbagi dan mengingatkanku, atas jasa2 ibuku. Aku mesti belajar lebih baik untuk bisa mengekspresikan terima kasih, hormat dan cintaku padanya.

    Makasih kembali sahabatku Ali.. :)

  20. Luar biasa Mas… Mengetarkan jiwa…
    Salam hormatku untuk Ibu..
    Semoga selalu beliau bahagia
    Dan dalam lidungan Allah SWT
    Aku yakin dia juga bangga punya anak seperti Mas Nug.

    Terima kasih doanya sahabatku..

  21. Pagi Mas..
    Sebuah pencerahan yang luar biasa
    Melelehkan butiran air diujung mata
    Membuatku mengenang mamaku
    Dan kurang seringnya aku ekspresikan
    Betapa akupun menghormati dan mencintainya

    Ibu yang hebat
    Salam hormatku untuk Ibunda..

    Makasih Bidadari Asti. Ibu/Mama adalah pahlawan real buat masing2 kita yaa..

  22. Menggetarkan sekali Mas Nug…
    Ungkapan terima kasih tak pernah cukup untuk membalas cinta yang diberikannya untuk kita…
    Salam hormat saya buat Ibunda Mas Nug :)

    .-= vizon´s last blog ..jamur & zupa =-.

    Benar sekali sahabatku Uda Vizon.. Ungkapan terima kasih tak pernah cukup untuk membalas cinta yang diberikannya untuk kita… Semoga kita bisa membahagiakan ibu2 kita yaa.. :)

  23. [...] kawan bilang, “Aku menulis posting itu terinspirasi dari statusmu di FB kapan hari, La…” Ya, dia menulis tentang rasa [...]

  24. Tergetar hebat..
    Seperti juga Mas Nug, aku sayang Mamaku Mas
    Dia adalah pahlawanku..

    Cuma heran juga, ternyata aku juga sering tak dapat mengekspresikannya secara utuh. Perlu belajar dari Mas Nug nih.. :)

    Hi Bidadari Rina,
    Kadang rutinitas kehidupan membuat kita sering lupa atau karena emang bukan hal yg biasa terasa susah untuk mengekpresikan secara langsung cinta dan hormat kita itu. Pada saat tertentu itu akan sangat berarti untuk mereka.. :)

  25. Mamaku, pahlawan di hidup aku loh Pak Nug..

    mamaku ga pernah mengeluh..apalagi sakit..
    tapi skarang tiba2 kami diuji dengan sakit mendadaknya mamaku.. skarang dia terbaring tanpa kesadaran penuh di HCU..

    baca postingan ini sukses bikin nangis :’(

    *lagi supermelow kangen mama*

    Jangan sedih berlama-lama Bidadari Diah.. Tetap semangat yaa.. Agar juga bisa tetap menyemangati mamamu. Dalam kondisi itu dia perlu support semangat itu dan aliran kasih sayang kalian anak2nya dan anggota keluarga yg lain. Yup, Mama adalah pahlawan bagi anaknya.. tetap SEMANGAT yaa Di.. :)

  26. Miss my mom everyday, but reading this makes me miss her even more…so sweet :)

  27. Wah.. Mas nug membuatku termehek-mehek sore ini.. Ambil tissue lagi.. :(

    I love my mom and I hope she know how much I love her…

  28. Pagi Mas..
    Terdiam lama membaca tulisan ini
    Mengingatkanku akan mamaku
    Dia juga pahlawanku Mas
    Dan kadang aku lupa sampaikan padanya
    Betapa aku sangat berterima kasih dan mencintainya

    Terima kasih telah mengingatkanku..

  29. Sangat menyentuh Mas. Indah banget..

    Salam hormatku untuk ibu :)

  30. Saya sangat bersyukur bisa terdampar disini, saya mendapat alamt rumah Mas dari postingan jeng lala. Membaca tulisannya Mas menggetarkan hati, Ibu tak akan pernah tergantikan segala apa yg telah dilakukannya untuk kita,… Maksih Mas atas refleksi yg diberikan ini.

    Makasih telah berkunjung Sabahat baruku Avartara. Betul sekali sahabatku, jasa ibu masing2 kita sungguh tak tergantikan. Ayah sesungguhnya juga telah memberikan kontribusi yang juga luar biasa dalam posisinya yang berbeda.. Sudah sepatutnya kita berkan yang terbaik untuk mereka (dan sekali-kali ekspresikan juga rasa hormat, terimakasih dan cinta kita).. :)

  31. Puisi yang bagus mas….
    Jadi teringat sama ibu di rumah membacanya….
    Aku merasa masih banyak yang belum bisa aku berikan kepada ibuku….
    Sepertinya usahaku masih kurang untuk membahagiakan dia…
    Aku sadar mungkin aku bukan anak yang terbaik….
    Tapi aku punya satu keinginan, mudah2an aku bisa membahagiakan dia sebelum saatnya dia menutup mata…
    Amiiinn….
    Terima kasih atas artikelnya ya mas…

  32. [...] juga artikel Terima Kasih Ibu oleh Mas Nugroho agar kita lebih menghargai jasa ibu. Share and [...]

  33. indah sekali puisinya, Pak Nug..
    jadi ingat dengan Ibunda almarhumah, yg telah berpulang menghadap Sang Penciptanya, pada 1 syawal kemarin krn kecelakaan.. rasanya baru kemarin beliau ada bersama saya, mjd imam sholat shubuh saya.. Yup, dialah Ibu yg luar biasa..
    sisa hidupnya hanya untuk mengabdi pd Sang Khalik.. Smg qt bisa mjd anak yg berbakti, yang dari mulut sang Bunda keluar doa-doa penyelamat hidup kita… Salam hormat buat Ibu ya..
    *jd curhat,nih.. sory agak melow*

    Makasih Dewi.. Ya. Semoga kita semua bisa jadi anak yg berbakti untuk kedua orang tua kita yaa.. :)

  34. ARTI IBU DALAM HIDUP
    IBU adalah orang yg serba kekurangan!
    #dia kurang pandai menghitung kesalahan anaknya..
    #dia kurang mampu mengingat beban hidup akibat perbuatan anaknya…..
    #dia kurang waktu untuk dirinya sendiri karna seluruh waktunya adalah milik anaknya…..

    Ibu yg tak pintar berhitung, namun sangat mulia yaa.. Makasih sahabat :)

  35. HANYA IBUKU
    dalam suka engkau ada
    dalam sunyi engkau ada
    engkau menerangi bagai bintang
    engkau pelindung diriku
    engkau penyejuk jiwa
    engkau sahabat slamnya
    tag ada yg bisa gantikan engkau
    engkau di sayangi dan d cintai sepenuh hati
    karna engkau adalah ibuku
    IBU yg terbaik yg akan selalu ada untukku

    Dalam deskripsi, betapa terlihat ibu adalah seorang yang sangat lengkap dan superwoman yaa.. Hehehe.. Dia adalah dan bisa segalanya.. Makasih :)

  36. syurga dibawah telapak kaki ibu…..
    kasih sayang yang tak pernah putus dan terbagi..tetap ada walau sekian ramai warga anakanda…
    tiada keluhan walau badan dimamah sengsara…
    tetap senyum dalam kedukaan dan hampa…..

    salute buat semua ibu….

    Setuju, Norzita. Salut buat semua ibu.. Makasih ya :)

  37. Aku rindu Ibu….?????”

    Ya, boleh sekali kan, sahabat..? :)

  38. Terharu banget bacanya mas. Setelah menjadi ibu, menjadi tau seperti apa pengorbanan seorang ibu untuk anaknya..apapun akan dilakukan, sekian banyak doa selalu dipanjatkan.
    Rasa haru itu semakin memuncak pas di hari ulangtahunku. Pagi sekali, aku selalu menghubungi ke 2 orangtuaku, utk mengucapkan terimakasih dan permohonan maaf. Kasih sayang, perhatian orangtua, tidak akan dpt terbalaskan.

  39. saya terharu sekali membacanya mas….
    sekarang saya sudah tau seperti apa pengorbanan seorang ibu….
    i love mom……

  40. Sangat menyentuh..
    Seorang wanita, selalu memiliki keberanian yang tak ternilai..

  41. Aku hnya bsa bsa mgucapkn brtrima ksh kpd ibu ku trcinta,tdk bsa pa”hnya ibu yg bsa ku brarti q tdk bsa sprti hidup tmpa ibu,I love ibu

  42. kemo mengingatkan sesuatu tentangku..achh indah puisimu berwajah ibumu melebihi puisi lainnya…salam hangat selalu..:+ )

    • Akh.. Kemo itu juga kau jalani? Be taft my friend and I know you can. Selamat hari ibu yaa.. :)

      • Ibu aku yakin kau hal yang sangat terindah dalam hidup ku …. selama aku masih kecil kau menimangku dengan penuh kasih sayang dan cinta mu… kau rela membersihkan kotoran ku…Namun kini ketika besar aku tak menghargai semua jasa” mu…Maaf kan aku Ibu

  43. ~
    Kasih ibu sepanjang masa, hamparan kasih sayang di dadanya bagai samudera tak bertepi, dera segala nyeri akan ia simpan dgn rapi tanpa ratap di depan buah hati. Ibu sebutan yg bgt mulian hingga akhir zaman tiba. ~

    Tq mas Nug, catatan yg sangat indah n lembut. salam…

  44. MOM I <3 YOU ????? :)

  45. :) I LOVE MOM :)

  46. ♥ Thank you mother for all that you do, I know my thanks are far to few, I really do love you I dont say enough, for me those words are really tough, I wish I could express all that I feel, but for me you know thats a big deal, Have a good day I’m thinking of you , I hope my feelings are getting through. Happy Mothers Day… ♥

    ♥ When you feel you’re alone in a crowd, when you think no one can understand you, when you think your love is rejected by others, and when you hate your life just close your eyes and think about her who loves you truly, cares for you in your loneliness, dies when you cry, she is no one else but your MOM… ♥

    ♥ For the best mom who always had a smile for me I know we may be far apart right now So here’s a great big hug and kiss Happy Mother’s Day… ♥

    ♥ You’ve seen me laugh you’ve seen me cry and always you were there with me… I may not have always said it But thanks and I love you Happy Mother’s Day… ♥

    ♥ Many hugs Only luv never anger Teaching me Helping me Every smile when I was sad Raising me to be strong It spells Mother. Thanks for being you… ♥

    ♥ Happy Mother’s Day means more than flowers and gifts… It means saying thank you. It means I love you… You are my mother, my friend Today is your day… ♥

  47. Aduuhhhhh mengingatkan jaman hangat2nya jadi blogger…..
    Salam hormat dan sayang buat bunda tercinta…..moga selalu dalam lindunganNya selalu, amien….

  48. Mama..segalanya buatku..

    kini mama sendiri..tiada lagi ayah disisi..
    sedang aku dikejauhan ini..

    bagaimanakah nanti..mama aku rindu mama :’(

    • Makasih, Nana. Cinta kasih Mama tak tergantikan ya.. Sempatkanlah untuk datang atau setidaknya menghubungi, jika rindu.. Pasti ia kan senang hatinya. Salam :)

  49. kta katax mantaappp kak,,,,,I LOVE YOU IBUKKK….:)

  50. terimakasih ibu atas kasih cynxmu

    ckarang kw meninggalkan aq untuk selamanya

  51. Mas..kalau penceritaan tentang pengorbanan dan kasihsayang seorang ibu, tak akan selesai hingga kapanpun..

    Na tumpang bacakan puisi buat mama, boleh kan..?
    (Izinnya belum dapat, tapi ya kirim aja yaa..thank you)

    Mama,

    Kau bagaikan matahari

    Yang selalu menerangi setiap ruang gelapku

    Kau tetap tersenyum walaupun hujan mengaburkanmu

    Walaupun malam menenggelamkanmu

    Kau tetap menerangi hari-hariku

    Karena engkau adalah matahariku

    Mama,..

    Kau menjadi inspirasi bagiku untuk terus bangkit

    Kau menjadi penghembus semangatku

    Dan kau adalah hidupku

    Aku tak tahu mama

    Apa yang akan terjadi padaku

    Jika Tuhan memisahkan kita

    Mama,..

    Aku ingin selalu bersamamu

    Mendengar suaramu sepanjang waktu

    Melihat senyum yang selalu terukir dari bibirmu

    Aku sangat bersyukur pada Allah

    Karena Dia telah melahirkanku dari rahimmu

    Karena Dia telah menganugrahiku seorang mama sepertimu

    Mama,..

    Satu hal yang harus kau tahu

    AKU AKAN SELALU MENCINTAIMU

  52. terharu banget sumpa gw bca smua

  53. Aduh,,,kata2 it membuat aq trharu dn mentskn air mata.mkch bnyk ka2 it udh membuat hat aq trigtkn sglax….!!!!slm knal

  54. Ibu terima kasih telah merawat ku dari kecil hingga sebesar ini ,,
    Jasa mu takkan pernah tergantikan wlaw sebesar gunung dan setinggi lagit ,,
    “I LOVE YOU MOM”

  55. Berbicara tentang IBU itu tak akan ada habisnya lebih baik kita berdo’a untuk beliau agar beliau didunia ini diberi panjang umur, sehat selalu dan bagi yang IBUnya telah tiada berdo’alah agar beliau ditempatkan ditempat yang seindah-indahnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 295 other followers

%d bloggers like this: