Setetes Air Bening


By: ASN, Jakarta, 25 Desember 2008

Pagi ini langit masih berawan tebal
Namun Matahari mulai memberi sinar terangnya dibumi
Setelah hujan turun hampir sepanjang malam yang dingin

Kulihat masih ada tetes-tetes air diujung atap rumbia digubuk tua itu
Dihadapan hamparan kebun luas yang hijau namun basah
Udara dingin menghasilkan uap saat kuhembuskan udara panas nafasku

Ku paksakan kakiku melangkah dihamparan hijau itu
Tinggalkan jejak-jejak kaki dirumput berembun
Menikmati tetes demi tetes air bening yang satu persatu jatuh

Langkahku terhenti dipohon tua yang hampir kering ditengah kebun
Ia terlihat segar kembali mendapat siraman kehidupan dari langit
Diujung rantingnya yang tak berdaun ia bahkan membagi tetes air bening pada bunga-bunga dibawahnya

Akh.. setetes air bening itu telah melepas dahaganya
Bersama berjalannya waktu, ia berharap akan tumbuh kembali dan menjadi pohon yang kekar dengan daun hijau yang rimbun
Dan akan hadir kehangatan bersama pelangi lingkari langit

*Foto “Butiran Hujan di Rerumputan” in kuambil di Kampoeng Baboe, Caringin, Bogor, tanggal 31 Desember 2008 pukul 06.08 WIB.

38 Responses

  1. selalu blue memuji tulisan abangku..seandainya saja blue bisa seperti abangku ini. hmm….pasti blue sudah di kelilingin wanita wanita tuk di jadikan pasangan hidup………ach!
    bang,,,,,,,,,selalu ku puji bang
    salam hangat selalu

    Wah.. sahabatku.. Apahubungannya tulisanku dengan dikelilingi wanita2..? Hahahaha.. Akh hari ini kau lucu sekali.πŸ™‚ Barangkali jika aku memasang foto Tom Cruise itu sebagai avatarku, benar karena aku lihat dari statistik di blogku, artikel itu walau (menurutku gak terlalu bermutu) lebih banak di hit ketimbang tulisanku yang menurutku lebih bagus..πŸ™‚

  2. tadinya blue ingin memberi khayalan tersendiri tuk maha karya abangku ini namun tak jadi takut merusak keindahan karya abang.
    salam hangat selalu

    Terima kasih sahabatku.

    Salam hangat selalu untukmu

  3. hhh..puisinya bikin adem bang…

    alam selalu punya rahasia sendiri untuk seluruh mahkluknya…

    Alam yang merupakan perpanjangan tangan Tuhan, memang selalu punya rahasia sendiri untuk mahluknya bidadari Sarah..πŸ™‚

  4. hmm…embun selalu menjadi pelepas rasa bimbang…πŸ˜€

    Embun memang selalu sejuk, sahabatku..πŸ™‚

  5. Mas Nug,

    Ade mau tanya mas, laki-laki bisa menangis juga gak mas? maksud saya mengeluarkan airmata seperti saya ….

    Menurut saya jawaban jujurnya: Wah.. bukan hanya bisa, kadang sering (tergantung situasinya), bidadariku. Hanya saja apakah mahluk yang sering berlindung dibalik casing Macho-nya itu akan mengaku dengan jujur?

    Egonya sering kali membuat mahluk yang berjenis laki2 itu menyembunyikan tangisnya. Untuk moment2 tertentu, memang kadang mereka tak bisa sembunyikan itu. Dan bagi saya, kadang air mata itu bisa cukup mudah keluar, walau saya juga cenderung tak ingin ada orang yang melihatnya. Cengengkah laki2 yang menangis? Bisa aja. Tapi bagi saya itu gak penting. Karena yang terpenting adalah apakah laki2 itu (dan seharusnya semua orang, apapun jenis kelaminnya), tetap bisa mengambil langkah yang terbaik bagi kehidupannya dan kehidupan orang2 yang dicintainya…

    Ada kalanya kita perlu menangis, karena dengan itu Allah membantu mengurangi beban yang mendesak dalam jiwa kita. Jika memang perlu, menangislah bidadariku. Biarkan saja airmatamu itu mengalir spanjang ia bisa melarutkan kesedihanmu (kadang kita juga bisa nangis karena bahagia atau terharu sih). Namun setelah itu, tutuplah keran air-air mutiaramu itu, dan kembalilah dengan senyum indahmu itu. Ingatkah kau, bahwa senyum itu yang selama ini memberi kekuatan, keberanian dan kehangatan dalam hidupmu..?

    Keep on smiling my angelπŸ™‚

  6. Sahabatku berkata
    “Jika kau memang laki-laki, sebisa mungkin kau berwajah ceria ketika di depan sahabat atau keluargamu sehingga mereka tak khawatir memikirkan dirimu, meski sebenarnya ada beban yang sangat berat yang sedang kau tanggung. Biarkan beban-beban hidup itu hanya menjadi rahasia antara kita dengan Allah. Luluh lantahkan semuanya di hadapann-Nya karena Dia sebaik-baik penolong bahkan bila perlu menangislah. Jika ihtiarmu dan permohonanmu sudah optimal barulah meminta pertolongan manusia”.
    Ah…maaf ikutan nimbrung. Perlu bayar karcis masuk g ? heh he he

    Ah.. ada sahabat baruku Hanif rupanya..

    Makasih atas kunjungan dan sharingnya.
    Hm.. Masuk sini mesti bayar membership fee 1 juta pertahun. Tapi khusus untukmu, sepanjang digunakan sebagai forum berbagi, sudah kesediakan Free Membership seumur hidup. Ok..? HahahaπŸ™‚

    Salam kenal ya..πŸ™‚

    PS: Link-mu un-trackable sahabat..?

  7. […] Mas Nug, terima kasih yah atas jawaban singkatnya… « Sandiwara Usai Sudah … […]

  8. air bening penyejiuk hati

    air
    air
    air

    kita tak bisa lepas dari air

    Benar sahabatku.. Air adalah sumber kehidupan..πŸ™‚

  9. salam kenal juga, bang Nug. makasih udh mampir di gubuk reyot saya yaa.. jgn bosan menyimak celoteh tanpa ujung pangkal dr saya jg yaa..

    :))

    Hi.. sahabatku Fathur..

    Aku masih menikmatinya. Tulisan2mu, suer.., bagus banget.. dan aku suka sekali..

    Keep on writing yaa.. aku sepertinya akan sering2 mampir kesana.πŸ™‚

  10. Saya akan selalu merindukan pohon itu menjadi kekar dan Macho,abis! Daun-daun hijau yg tampak malu-malu melihat matahari yg selalu tersenyum genit padanya,hehehe.. (sory kalau gak nyambung komenya)hehehe…

    Selamat Tahun Baru,Mas Nug.
    Salamku.

    Selalu senang mendapat kunjunganmu sahabat.

    Selamat tahun baru juga..πŸ™‚

  11. Aku mau masuk dari sisi “pohon tua” yang hampir kering, mendapat tetes embun masih bisa numbuh gak yaa???…. ato bisa jadi kembali muda?, ato cuma sekedar bertahan? heheh….hmmm…..:D

    Akh.. masalah hasil akhir biarlah jadi rahasia Allah, sahabatku. Bukanlah esensinya adalah berbagi itu indah dan beusaha maksimal walaupun hanya dengan setetes embun itu sebuah kewajiban bagi kehidupan..?

    Selamat tahun baru yaa, sahabatku bidadari Rita..πŸ™‚

  12. Lama tak berkunjung Mas.. apa kabar?

    Setetes air bening pun akan terasa begitu nikmat dan banyak sekali mengurangi (jika tak menghilangkan) dahaga sebatang pohon kering…

    *Siap2 jadi pohon kering ditengah kebun akh..*πŸ™‚

    Akh.. sahabatku bidadari Asti rupanya. Kemana aja..?

    Btw, hati2 jadi pohon kering ditengah kebun, suka kesamber petir..!! Jiakakakak..πŸ™‚

  13. aku akan selalu mencoba hadir menyapa abangku
    selamat siang serta salam hangat selalu

    Terima kasih sahabatku..
    Apakah kau sudah melanjutkan ceritamu? Kalo udah, ntar aku main2 kesitu yaa..πŸ™‚

  14. pulang shalat jum’at menengok gubuk reyot. subhanallah, byk skali segmen2 yg dicat ulang. trima kasih, bang. untuk kuas dan thinner-nya…

    Terimakasih sudah berbagi sahabatku..
    Aku menikmatinya satu persatu sebelum berangkat Jumatan tadi.. Bagus2 sekali..
    Keep on writing and sharing yaa..πŸ™‚

  15. Mas, kalau pohonnya sudah mati, meski disiram air hujan tiap hari nggak akan bersemu lagi dan yang keluar malah jamur kan? ( Dasar orang nggak romantis yha Mas..?!!!, hehehe)

    Sebenarnya kadang pemikiran rasional gini lebih diperlukan dan banyak berperan dalam kehidupan nyata, bidadari Erna..πŸ™‚

    Yha deh Mas, air memang sumber kehidupan……

    Yup, betul sekali..

  16. ternyata saya masih blom ngerti kata2 penuh makna ini yakπŸ™‚

    Bahasa jiwa emang kadang sulit dan gak perlu dimengerti sahabatku.. cukup dirasakan aja..πŸ™‚

    Lagian gak semua yang comment disini juga ngerti kok.. lha wong yang nulis juga kadang bingung sendiri.. Jadi santai aja Bro.. Jiakakakak..πŸ™‚

  17. de Coming…..!!!!
    waduh kangen nie dah lama ga cuap2 lagi di terasnya mas Nougqu….biasa mas, dede kemaren2 lagi kena sindrom males nie dan anehnya sindrom itu menulari de hapir tiap hari, wkwkwkkwkw….wkwkwwkw..(itu mah mang jadi hobby donk de…!!!) ^_^

    inget air jadi inget salah satu sahabat terbaiknya mas Noeg yang lagi sibuk dengan rencana bikin ‘jet pam’ dirumahanya, hehhehhe…hehehheh….(haaallaaahhh de ga nyambung amat comment yaa)

    *piss ya mas Toto ^.^*
    lho koq jadi kasih tau namanya….
    *kkkaaaabbuuurrrrrrr…..sebelum dicubit Abie*

    Ah.. bidadari Dede.. kalo sindrom malesnya masih menjangkiti, mending buruan kerumah sakit minta disuntik vitamin rajin yaa..

    Btw, bilangin sama sahabat saya yang ternyata tikang Pompa Jet Pump itu, agak kalo musim hujan gini ngebornya harus 10 meter lebih dalam dari sumber airnya karena, ntar kalo musim kering airnya asat, bisa revot… + kasih casing pipa besarnya jangan kurang dari 5 pipa (20 meter) agar air permukaannya gak ikut turun dan tersedot..

    *Hahaha.. sesama tukang pompa mesti saling membantu..*πŸ™‚

  18. Waduh…telat banget nih datengnya…
    Ini udah komen yg ke berapa yah? (*sambil ngitungin komen2 di atas..πŸ™‚ )

    Pasti habis mbantuin Mas Toto ngebor sumur juga yah.. ?πŸ™‚

  19. *baca puisi diatas sambil minum teh manis hangat*

    Hm.. that is sound very enjoyable afternoon Angel Ung..πŸ™‚

  20. Liburan gak kemana-mana mas Nug..?

    *Komen gak nyambung.. siap2 pake helm, kali2 aja dilempar oleh Mas Nug pake motor Ducati..*

    *Ngarep Mode ON πŸ™‚

    Gak Ton.. aku bakalan di Jakarta dan sekitarnya aja. Kebetulan adikku (dan keluarganya) datang, menginap dirumah…

    *Udah pake helm belum? Mau kulempar Ducati mungil ukuran 1:18 *πŸ™‚

  21. Sore yang indah … dipojok cafe amadeus citos, ditemani secangkir teh hangat dan cheese cake berharap ada yang datang dan menemani… “Ade yah, boleh saya duduk disini” … “eh mas Nug yah, silahkan mas

    dan pembicaraanpun bergulir seputar our three magic wordsπŸ™‚

    Sambil meletakkan helm, dan kunci motor… “Ya, saya pesan minum yang sama. Teh hangat saja..” Kataku pada pelayan itu, sambil duduk disampingmu.
    “Sore yang indah sekali ya De..? Kamu sudah lama.?”
    “Gak, Mas baru aja datang. Kok Mas Nug bisa liat aja saya disini..? Ditengah keramaian gini..?”
    “Mau tau jawabnya..?” tanyaku dengan kening yang berkerut dan mata sedikit membulat..
    “Ya Mas, kenapa..?” Kejarmu dengan senyum indahmu itu.

    Diam sesaat dan memandangmu dengan muka sok serius..

    “Ok. Sesungguhnya mudah sekali De. Walaupun kau hanya salah satu dari sekian banyak wanita yang duduk dan membuka notebook di cyber cafe sebanyak ini, aku tinggal menutup mataku saja..”

    “Hah.. menutup mata..? Jangan becanda donk Mas..” Kejarmu penasaran.

    “Ya, bener aku menutup mata visualku. Sesaat.. Walaupun suara cukup ramai, semua gelap sesaat.. Lalu aku mencoba menggunakan mata hatiku.. Mencoba menangkap suatu yang berbeda. Dan ternyata.. dipojok cafe ini aku melihat seorang wanita yang saat dia menulis, mengerakkan jari2 lentiknya diatas tuts hitam diatas notebooknya, tulisannya begitu bercahaya.. juga beraneka warna, menerangi seluruh cafe bahkan mall ini dengan uraian yang menyentuh jiwa2 yang betebaran disana, mengajak mereka untuk selalu mengingat Tuhan dan mendekat padaNYA. Dan cahaya itu menuntunku ke meja ini De.. Mudah kan..?”

    Aku senang sekali melihat ekspresi mukamu saat itu..

    “De.. De.. jangan melongo gitu deh.. Ntar ada lalat masuk ke mulut..!” ujarku sambil menggerakkan tanganku seakan menangkap seekor lalat didepan matamu… menyentakmu yang diam melongo.. tersipu…

    Kamu masih terdiam…

    “Kenapa De.. Kagum yaa kamu…?”

    “Dasar orang sok PD..!!” Katamu sambil spontan dengan mata setengah melotot sambil menyubit lengan kananku. Tapi dari senyummu itu, aku tau kamu gak marah.

    “Oke..oke.. sorry.. aku memang senang menggodamu dan membuat pipi putih polosmu itu memerah seperti pakai make up.. Tapi, jangan pake nyubit gitu donk..” ujarku memohon maaf.

    “So could we start now… talking about life, tear and smile…?” sambung ku.

    “Or about three other magic words: Sun, Rainbow and Angel..?”

    Kau memandangku.. tersenyum.. berfikir..πŸ™‚

  22. *mimpi mode ON*

    Lain kali kamu mau mimpi apa, bilang2 dulu donk Bidadariku.. Tuh sepotong dialog imaginer diatas, kalo dikasih bocoran sebelumnya kan bisa jadi satu postingan cerpen fiksi yang bagus mestinya.. Huahahaha..πŸ™‚

  23. waaaduuhhh….dede aja yang dateng ya sekarang mba ndu’……

    emmm…biar cepet pake apa yaaa???

    oya pinjem pintu kemana aja-nya Doraemon ^-^

    gimana???

    mau kan????

    sekalian makan, hehehehheh…kali aja ditraktir

    *ngarep mode ON*

    Buruan aja kesini Bidadari Dede… masih ada beberapa kursi yang sepertinya bisa kita tarik dan gabung.. Disini sudah sering kok ada pesta kebun, juga pesta pantai.. Tapi emang baru kali ini acaranya kumpul2 di Cafe gini..πŸ™‚

    *Gaya orang Metropolian Mode ON*

  24. *setting: sekitar gelap, dan hanya sorot lampu yang menyinari tubuhqu yang sambil tertunduk layu….* (Cartoon mode ON)

    Hiks…hiiks….hiks…..(nangis kalena cedih)
    Cebenelnya dede hari ini lagi melow nie, lagi butuh teman…..

    jadi numpang dipojok cafe amadeus citos sambil ngusrek2 (kucing kallee) dibahunya my lovely sister….

    “siapa nie…??? iicchhh…..dateng2 langsung ngusrek2..??” (mba ndu’ said to me)

    aacchhh…biarin pasti bidadari yang satu ini mau temenin de minum teh anget….

    *hehhehehehhe….semuanya pasti pada sirik nie, termasuk masqu yang satu ini ^.^*

    Tenang aja bidadariku Dede.. kamu nikmati aja acara ngusrek2 bidadari yang satu itu. Sepertinya dia sudah sangat berpengalaman menghadapi ritual2 seperti itu..

    Aku gak balakan sirik Bidadari Dede.. jangankan bidadari seperti kamu (dan biasanya bentar lagi bidadari-bidadari lain yang ikutan terbang kesini..), sering2nya pada bidadara juga akan datang berkerumun dan bercanda tawa bersama jika sudah ada acara gini2…πŸ™‚

  25. intrupsi sebentar..!!

    gabung mas…walau telat.
    tapi aku akan jadi pendengar yang setia lho..
    silakan para pembicara lanjutkan..

    Akh.. ada sahabatku Arif rupanya..
    Sorry tadi sepertinya pada bubaran dulu dan baru balik setelah sholat Magrib..
    Silahkan gabung.. duduk sini aja. Kamu mau minum teh hangat juga, atau coklat panas sepertinya juga enak..? Hari mulai malam soalnya..πŸ™‚

  26. bang.mampir dong ke rumah blue.ya.ya……….maksa banget blue ya bang?
    salam hangat selalu

    Siaaaap.. Kumandan..!! Bentar lagi aku kesana yaa.. Sahabatku, kamu mau ikut duduk dulu bentar, minum teh hangat bersama para bidadari dan sahabat lain disini ?πŸ™‚

  27. ahhh…lagi sepi sendiri dan kesepian😦
    liburan kali ini sangat2 tidak menyenangkan…
    mas nug, jemput aku ke PKU dunk…aku pengen pulang ke jakarta…hiks :((

    Wah.. bidadariku Ria masih nyangkut di Duri (atau di PKU) yaa..? Duh.. kasian deh..😦

    Itu sayapmu kemana? Kenapa kau tak langsung aja terbang kesini.. Kami masih menikmati teh hangat dan bercanda di cafe imaginer di Citos. Sementara disini ada aku, Bidadari Ade, Bidadari Dede, Sahabat Arif, Sahabat Blue.. wanna join Angel Ria..?

  28. sekarang bicara ttg air nich….. susah deh ngimbangin mas nug, ich kann das nicht mehr schaffen, kata orang sini…. gue dah gak kuat lageee

    Huahahaha…πŸ™‚

  29. PS: Link-mu un-trackable sahabat..? Artinnya apa Mas? Aduh…toefelku belum kutingkatkan masih dibawah 500 nih…he he he

    Linknya gak bisa nyambung ke blog mu karena mungkin gak lengkap ngisi datanya? Gitu sahabat, maksudku..

  30. eh Mas sekalian tanya, gimana cara nampilin foto diri sih? baru belajar ngeblog nih. Aku dah masukin foto, tapi di blogku kok g tertampilkan. Saat ngasih komentpun g muncul. Makasih atas jawabannya. Jazzakallah

    Duh.. urusan yang bau IT aku ASLI gaptek banget sahabatku. Tapi kalo di blogku (Worldpress) gampang banget. Kalo kita buat posting baru bisa masukin code HTML fotonya disana, ntar dia sudah masuk sendiri dan nongol gambarnya. Gitu Bro.. kalo nanyanya lebih detail lagi mesti ke yang ahlinya kali.. Ntar kalo nanya aku malah salah2 fotonya jadi kebalik semua bisa gaswattt.. Huahaha..πŸ™‚

  31. ehm ehm… ikut senang rasanya tetesan air bening ini bisa membuat sang bidadari tersenyum ( suer gak cemburu)

    Ah.. ada sahabat baruku Aristo rupanya.
    Makasih sudah berkunjung kerumahku ya.
    Salam kenal yaa..πŸ™‚

    Hahaha.. iya tuh bidadari yang satu itu udah bawaannya rada gampang mewek*.. Padahal kalau dia tersenyum senyumnya indah sekali..πŸ™‚

    *Mending kabuuur akh.. Sepertinya kali ini gue bakalan dicubit beneran sampai biru nih..*πŸ™‚

  32. geleng kiri dan kanan, memperhatikan foto air yang inspiring ini…alih posisi ke atas dikit mas nug…koq jadi mirip kepala burung…ya!

    Yup, fotonya bagus banget yaa.. very inspiring..πŸ™‚

  33. Mas saya selalu suka puisimu.. juga yang ini.

    Tapi mengapa tulisan kali ini membuat hati saya seakan terlarut dalam fash back cerita lama saya yang berusaha saya pendam… 😦

    Uh.. mencoba untuk tak mengingatnya kembali..😦

    Setiap orang mempunyai masa lalu sahabatku..
    Dan, masa lalu selalu bisa menjadi proses pembelajaran yang berharga dalam hidup kita selanjutnya kan..

    Melupakannya kadang memang tak selalu mudah, tapi tak perlu larut terlalu dalam dan lama disana karena kadang akan menjadi penghambat atau memperlambat gerak maju kita lebih lanjut..

    Keep on moving sahabatku…πŸ™‚

  34. Wah.. aku ketinggalan pesta lagi nih…

    Aku ikutan donk… Mamiku lagi jauh nih… aku mau ikut ngusrek2 mba Rindu juga bareng bidadari Dede akh..

    Mas Nug.. minggir sana..πŸ™‚

    Come and sit here Bidadari Asti.. Bidadari Ade will be happy to have you both (with Bidadari Dede) beside her…

    I will sit here, with Mas Goenoeng, Mas Blue, Mas Duddy, mas Toto, and other guys..πŸ™‚

  35. rame banget di sini. berbincang tentang apakah ?
    ikutan ya….
    wah, lupa belum kasih salam ke tuan rumah…

    selamat siang Pak Nug, boleh ikutan kan ?

    Akh ada sahabatku Goenoeng rupanya..
    Silahkan gabung dan duduk disini.. Kami sedang menikmati teh hangat dan cheese cake, dan berbincang santai dan bercanda tawa tentang kehidupan..πŸ™‚

  36. Mas masa link-ku untrackable sih?Mungkin karena belum syukuran kali ya pas selesai dbuat?yg jelas alamatnya:
    http://hanifarrul.wordpress.com
    silakan berkunjung d gubukku..meski disini seringnya hanya ada air putih saja, semoga berkenan

    Oh.. mungkin karena saat pertama kali masuk kau tak menuliskannya secara lengkap ditempat yang disediakan saat membuat komentar Sahabatku..

    Tapi saya coba tulis secara langkap disini. Coba..mestinya sekarang sudah bisa..πŸ™‚

  37. Weks cepet banget?Mas dah d depan pintu sekarang?silakan masuk aja Mas,Monggo mlebet…pintunya sudah terbuka buat Mas

    Ya. Nanti saya main2 kesana yaa..πŸ™‚

  38. ak dah tau penyebabnya,kmrn alamatnya kurang lengkap,maaf2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: