Keabadian Cinta


Photobucket

By: ASN, Jakarta 9 Jaunuari 2009

Ketika ia berkembang dan mengisi penuh relung-relung hati yang dalam
Ketika ia menjadikan hidup demikian berwarna
Ketika ia membuat manusia tersenyum bahagia
Ketika ia membuat orang termehek-mehek
Ketika ia dalam jarak membuat hati merindu
Ketika semua itu terasa indah
Ketika itu sesungguhnya cinta hanyalah getar rasa di jiwa
Ketika itu kepemilikan cinta masih dimungkinkan

Saat ia diterapkan dalam kehidupan nyata
Saat ia berhadapan dengan batasan tempat, ruang dan waktu
Saat ia berhadapan dengan manusia yang tak sempurna
Saat ia menjadi bias ketika bercampur dengan sentuhan birahi
Saat ia menghadapi kenyataan hakekat manusia yang selalu berubah
Saat ia berhadapan dengan ketidakseimbangan
Saat ia berhadapan dengan langkah manusia yang tak selalu sejalan
Saat ia dibenturkan dengan kenyataan pasti bahwa perpisahaan dan kehilangan hanyalah soal waktu
Saat ia harus menerima perubahan konsep kepemilikan jadi melepaskan atau bahkan pengorbanan
Saat ia dalam perjalanannya menorehkan luka kesedihan, kecemburuan, kebencian atau kehilangan
Saat itu sesungguhnya cinta hanyalah bagian dari sejarah perjalanan kehidupan manusia

Adakah keabadian cinta?
Ya, ku yakin ada sepanjang masih dalam koridor rasa dan jiwa
Ia bisa tetap disana selamanya. Bukankah manusia terdiri dari jiwa dan raga..?

Adakah keabadian cinta dalam implementasi kehidupan nyata?
Ya, ku yakin ada, walau hanya untuk sementara. Bukankah hakekat semua benda akan musnah..

Adakah keabadian kebahagiaan cinta?
Ya, ku yakin ada, sepanjang kita menyadari perbedaan koridor jiwa dan kehidupan nyata
Apakah memang ada keabadian dalam kehidupan?

Perlukah kita lari dan menghindar dari cinta?
Cinta adalah anugrah yang datang dalam satu paket kenikmatan dan kepedihan yang ditoreh dalam sejarah kehidupan manusia

Adakah cinta yang benar-benar-benar abadi..?
Ya, ku yakin ada, cintailah Zat Yang Abadi, Yang Tak Berubah, Yang Maha Sempurna, Yang Maha Indah, Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, yang selalu mencintai dan memaafkan kita..
Ya, cintai Tuhanmu

    *Foto “Bunga Merah” ini (aku tak tau namanya) diambil di Kampung Bamboe, Caringin, Bogor, Tanggal 30 Desember 2008, Pukul 15.37 sore.

    Advertisements
« »

39 Responses

  1. Pertamax kah…???

    Yup, Pertamax Sahabatku Toto.. πŸ™‚

  2. tok..tok..tok..
    setubuh mas Noeg..
    cinta tuh bagian dari kisah hidup manusia…, tinggal bagaimana kita memanage cinta yang ada dalam diri kita.
    semasih kita bisa menenpatkan cinta pada porsi yang sesuai insyaAllah akan menjadi suatu ibadah.

    Aku juga setbuh sekali Sahabatku. Kata2 yang sangat bijak.. πŸ™‚

  3. ga mau hetrix ah kali ini…^^

    Paling bisa.. Gak mau tapi nge klik lagi.. πŸ™‚
    Aku bakalan tau deh jawabnya kenapa.. pasti nulisnya sambil gemetar yaa kalo di rumahku.. πŸ˜›

  4. “Cinta adalah anugrah yang datang dalam satu paket kenikmatan dan kepedihan yang menorehkan sejarah kehidupan manusia”

    Setuju sekali…
    Dan biasanya dia datang tak diundang, dan kalau pulang juga enggak dijemput… sukanya nongol tiba-tiba.. πŸ™‚

    Yup. Tapi kenapa kau sekarang sukan main jelangkung gitu sahabatku Abi..? πŸ˜€

  5. Kedua kah ??? πŸ™‚

  6. ternyata bukan 😦

    cuma beda beberapa detik aja sama mas abindut, but it’s ok..!!!

    klo masalah cinta mang de ga mau comment acchh….soale takut jiwa2 pujangga de keluar dan membuat kaget semua halayak ramai dengan kata2 super dasyat punya de πŸ˜€
    (Haaallaahhhh…bilang aja mang Telmi’ ^.^)

    Bidadari Dede.. coba deh itu keluarin aja semua kata2 pujangganya yang super dasyat.. berbagi sama kita2..
    *Sepertinya habis kursus Tung Desem yang Dasyat itu yaa..? πŸ™‚

  7. Satu lagi puisi yang buat Na jatuh cinta…!

    Jatuh Cinta kadang gak bisa ditahan dan suka datang sendiri (Kata Sahabat Abi) atau gak bisa dihindari (kata Bunda Bidadari Enny dibawah ini). Gak pa2 kok, nikmati aja.. asal jangan sampai jatuh dari tangga aja.. Xixixi.. πŸ˜€

  8. Cinta memang tak bisa dihindari, karena tanpa cinta dunia ini kurang indah….
    Coba lihat, betapa banyaknya penyair dadakan karena seseorang jatuh cinta…
    Orang yang tak pernah menulis surat, jadi bisa menulis surat cinta…
    Dan membaca surat cinta, membuat hati berdebar (sekarang sms ya….dibaca ber ulang-ulang, berusaha menyerapnya, dan akhirnya banyak melamun.

    Cinta…indah, tapi pahit dan asam…seperti asinan…
    (lho! kok cinta =asinan?)

    Hahaha, benar sekali Bunda Bidadari Enny. Kalo susah nyari asininan ngemut permen Nano-nano ajah.. Permen rasa cinta.. πŸ˜€

  9. Ah.. aku tetep gak mau kehilangan indah cintaku…

    Gimana nih.. pasti hilang/musnah yaa..?? Hiks.. 😦

    Wah.. Bidadari Asti lagi jatuh cinta yaa.. πŸ˜€

  10. Whaaalaaaah…..
    Na, becandanya kebablasan yha?
    Langsung direspons ma Abi ni mas Nug..

    Kenapa dengan Sahabatku Abi..? Biasanya dia tukang becanda No.1 tuh.. Sepertinya dia juga lagi jatuh cinta tuh.. Xixixi.. πŸ™‚

  11. CINTA…

    Suasana akan berbunga2 apabila didepannya ditambah kata “JATUH”…..

    dan Suasana akan menjadi tak menentu apabila didepannya ditambah kata “PUTUS”…..

    Makanya Sahabatku, cinta gak bisa di bayangkan seperti layangan.. Kalo layangan jatuh dan putus.. sama2 gak ada yang enak tuh.. πŸ™‚

  12. Mas Nug,

    Saat menjalaninya (jatuh cinta) orang susah membedakan antara ruang jiwa dengan ruang kehidupan nyata. Semuanya sering tercampur aduk. Dan cinta kadang menjadi too complecated..
    Bener gak sih..?

    Sok Tau Mode: ON πŸ™‚

    Hm.. pengalaman pribadi yaa Bidadari Tika..?

  13. Cinta…indah, tapi pahit dan asam…seperti asinan…
    (lho! kok cinta =asinan?)

    bagi donk bu asinannya… πŸ˜‰

    Nug: Iya tuh, aku juga minta donk Bunda.. πŸ˜€

  14. Cinta kepada sesama manusia memang ngga ada yg abadi, pasti ada kehilangan dan perpisahan..udah kodratnya begitu.

    Tapi menurut kacamata saya (kan emang udah pake kacamata πŸ™‚ )…keabadian di sini saya melihatnya sebagai cinta yg tidak terbagi (baca: mendua, mentiga (sodaranya mentega? hehehe..), dst..).

    Cinta yg hanya ditujukan kepada 1 orang (pasangan yg sudah halal tentunya, suami/istri) hingga akhir menutup mata, hingga akhir menghembuskan nafas, hingga akhir nadi berdenyut, itulah… KEABADIAN CINTA..

    Pada prinsipnya aku setuju dengan Sahabatku Duddy.. Tapi dalam prakteknya life some times is not as simple as we thought. Itulah makanya kadang ada penyimpangan2 dengan persyaratan tertentu yang tidak mudah. Ntar coba kita tanya Aa Gym yaa.. πŸ™‚

    *BLETOK..!! Duh ini sepatu wanita mana yang terbang kesini nih.. ?? Jiakakak.. πŸ˜€

  15. Semoga Sang Maha Pecinta, Sang Maha Pemilik Nafas… berkenan memberikan saya kesempatan untuk mencintai seorang perempuan hingga akhir hayat saya, hingga saya menutup mata, hingga jasad saya dikafani dan terlipat dalam tanah… hingga dia pun selalu mengenang saya sebagai laki-laki biasa dengan cinta yang abadi, yang hanya untuknya seorang… amiin (*berdoa dengan khusyu’)

    Amin…
    *Turut mendoakan sahabatku Duddy..

  16. Jiwaku yang telah mati, bukan cintaku…

    Semoga kita sebagai makhluk-Nya, bisa membalas Cinta yang Allah berikan walau tidak akan pernah sebanding, dan mencintai yang Allah Cintai… Agar tetap pada lingkaran cinta Allah pada hamba-nya…

    Amiin…

  17. Cintailah cinta (sesama manusia) secara sederhana, mudah dan menyenangkan….(itukan hakekat saling mencintai sesama..???)
    Cinta yang seutuhnya adalah cinta pada Sang Pemberi cinta..

    Sederhana, mudah dan menyenangkan itu kan saat jatuh cintanya Sahabatku.. Jangan lupa itu satu paket dengan comlecated, susah dan menyakitkan saat berhadapan dengan kondisi yang tak diharapkan.. πŸ™‚

  18. cinta adalah berbumbu rindu, serindu keinnginan untuk dapat pertamaXX, ha….ha…ha…..

    Akh.. aku baru tau kalau Bidadari Rindu yang kadang suka berkunjung kesini juga itu ternyata sejenis bumbu2an.. Sahabatku.. πŸ™‚

  19. bila kau mencintai sesama, “maju terus pantang mundur, selama janur kuning belum melengkung”, …………….. (au ah elap…)

    Aku suka semangat pantang menyerah Sahabatku yang satu ini… πŸ™‚

  20. Di Dunia ini “Tak ada yang Abadi”….
    Kecuali Ruh, dan segala amal perbuatan yang akan kita pertanggung-jawabkan.
    Cinta itu pun sesungguhnya hanyalah sarana beribadah kepada-Nya.

    Mencintai dan Menbenci hanya karena Allah.. πŸ˜€

    Kalimatmu (yg aku bold) itu bagus sekali Bidadari Wia..

    Tapi apa bener kita juga membenci karena Allah..??? Rasanya Allah gak pernah membenci deh…

  21. Mas Nug, cintaku sempat kandas karena alasan yang (menurutku) gak jelas… Padahal awalnya seperti cerita dongeng yang indah sekali. Gak sempet musnah udah kandas.. Sepertinya kalo yang udah ngerasaim putus cinta akan mudah ngerti ya soal ketidakabadian cinta. Cuma kalo pas jatuh cinta (lagi) suka lupa lagi tuh, seakan cinta bisa abadi.. πŸ˜›

    Kau mengemukakan fakta Sahabatku Tony. Itu manusiawi sekali.. πŸ™‚

  22. Cinta ini membunuhku !

    πŸ™‚

    Lagi nyanyi atau pagi kesel ama Akong nih Bidadari Ung..?? Coba itu jangan main bunuh2an yaa… πŸ˜€

  23. Cinta lagi nih mas πŸ˜€

    Yup. Karena ternyata selalu (dengan segala issuenya) menjadi inspirasi, menarik untuk dibahas, banyak yang merasakan hal itu, postingannya sering di hit dan dikomen paling banyak. Xixixi.. πŸ™‚

    yang kutahu hanya satu cinta abadi, cinta ALLAH kepada umatnya…dan karena sedemikian besarnya cintaku untukNYA akan senantiasa kujaga agar selalu tumbuh dan abadi di relung hati ….

    Itu aku setuju sekali Bidadari Ria.. Tapi kau juga masih sisakan ruang direlung hatimu untuk cinta pada manusia lain kan..?? πŸ™‚

    Masih mau makan siang kesini ga? πŸ˜›

    Nah.. kalo itu sepertinya tawaran yang menarik.. Tapi aku tadi siang, pulang Jumatan, sudah makan di kantor.. Ntar lain kali yaa.. πŸ™‚

  24. Mampir lagi..
    Mas.. Mas… Mas Nug…
    Sepertinya orangnya sedang gak dirumah…

    *Padahal aku sudah haus.. mau minta minum.. πŸ™‚

    Duh.. Bidadari Asti.. bilang aja kalo kamu kangen sama aku.. Jiakakakak… πŸ˜€

    *Iya.. iya.. ambil minum sendiri di dapur boleh.. tapi jangan, Nasi 2 piring, dendeng sapi, tumis baby buncis, emping 1/2 stoples, jatah makan siangku ikut dilahap semua donk..!! Huahahaha πŸ˜€

  25. a. Cinta ke sesama manusia ==> terbatas dan bisa tak berbalas
    b. Cinta ke Sang Khalik ==> tanpa batas dan selalu berbalas..

    pilih yg mana hayooo? πŸ™‚
    pilih b. kan? tapi pada kenyataannya banyak makhluk ALLAH yg lebih mementingkan cinta ke sesama manusia (dunia)..dan melupakan cinta kepada-NYA.. 😦
    contoh kecil; udah masuk waktu sholat…masih aja asyik ama kerjaan di kantor/di rumah atau masih aja asyik telpon2an..

    mudah-2an kita semua bukan tergolong makhluk ALLAH yg demikian…amiin..

    Aku selalu pilih dua2nya Sahabatku… πŸ˜€

  26. Cinta…
    Sekalipun cinta telah kuuraikan
    dan kujelaskan panjang lebar
    Namun jika cinta kudatangi
    aku jadi malu pada keteranganku sendiri
    Meskipun lidahku
    telah mampu menguraikan dengan terang
    namun tanpa lidah,
    cinta ternyata lebih terang
    Sementara pena
    begitu tergesa-gesa menuliskannya
    Kata-kata pecah berkeping-keping
    begitu sampai kepada cinta
    Dalam menguraikan cinta
    akal terbaring tak berdaya
    bagaikan keledai terbaring dalam lumpur
    Cinta sendirilah
    yang menerangkan tentang cinta
    dan percintaan!

    Sejatinya cinta, baik dari langit maupun dari bumi,
    Semuanya menunjuk kepada Allah semata…

    -Jalaluddin Rumi-

    Bang Nug tahu puisi ini ga? sederhana *lagi2* ya? dgn ksederhanaan itu kta bangun ruang jiwa yg tiada terkira. selamat menemukannya…

    Aku rasa familiar tapi gak yakin pernah baca dimana, Sahabatku Fatur..
    Makasih sudah berbagi disini. Aku suka sekali.. πŸ™‚

  27. “Sepertinya dia juga lagi jatuh cinta tuh.. Xixixi..”

    sy slalu dicintai dan mencintai…
    walah kok…

    Huahaha.. Biarlah orang2 pada jatuh cinta semua Sahabatku.. barangkali itu bisa membuat bumiku jadi lebih damai dan indah.. πŸ™‚

  28. Nug, gue cuma numpang lewat…

    *Sambil nebarin paku-paku cinta sepanjang jalan.. πŸ˜€

    Sahabatku Asrul.. Kau sekali-kalinya datang pasti kalau sedang membahas Cinta trus kali ini malah nyebarin paku segala gitu..!!

    *Pasti profesi barumu adalah tukang tambal ban nakal itu yah.. πŸ™‚

  29. ****Gak pa2 kok, nikmati aja.. asal jangan sampai jatuh dari tangga aja.. Xixixi.. :D..

    Gubbbraaaakkk….
    Tu kan Mas Nug.. jatuh beneran… Mas Nug sih mikirin Na jatuh..,
    Ni Na jatuh dari tangga, mau benerin genteng bocor nih..

    Huahahaha.. kalau ikut audisi srimulat sepertinya bidadari Na bisa lolos nih.. πŸ˜€

  30. Ketika aku membaca sajakmu … aku tertegun, dan … salute

    Makasih Sahabatku Bang Ersis, aku masih harus banyak belajar dari ahlinya seperti Abang.. πŸ™‚

  31. Ampunnn mas Nug.. jangan bilang gitu.. ntar lagi-lagi beneran Na jadi anggotanya Srimulat..
    Trus kalau Na ngajar tu mahasiswa gak ada yang mau ndengerin.. ketawa mlulu..

    BTW debut Na.. kisahnya apa yha? Masak bidadari jatuh dari tangga…????

    Gimana kalo buat judul debutnya ‘Genteng dan Tangga Ketiban Bidadari’. Lucu sepertinya tuh.. πŸ˜€

  32. “Nasib akan membawamu untuk bersama, tetapi untuk tetap bersama sampai akhir,itu tergantung dari dirimu sendiri”

    “Kita datang ke dunia ini bukan untuk mencari seseorang yang sempurna untuk kita cintai..
    Tetapi untuk belajar, bagaimana mencintai seseorang yang tidak sempurna dengan cara-cara sempurna”

    kalimat2 ini pernah aku baca entah dimana…aku tulis seingatku…

    Akh.. “mencintai ketidaksempurnaan dengan cara-cara yang sempurna..” Itu begitu indah Sahabatku Bidadari Aling.. πŸ™‚

  33. Cinta itu seperti kupu-kupu. Tambah dikejar, tambah lari.

    Tapi kalau dibiarkan terbang, dia akan datang di saat kamu tidak mengharapkannya.

    Cinta dapat membuatmu bahagia indah seperti bunga tapi sering juga bikin hatimu luka seperti tertusuk duri ataupun tertikam belati

    Cinta akan terasa berharga kalau diberikan kepada seseorang yang bisa dan mau menghargainya.

    Apapun rasanya cinta?

    Bagaimanapun rasanya?

    Sebesar apapun cinta itu?

    Tapi Keabadian cinta, hanya ada pada Tuhan saja.

    *Aku senang nih bahas topik cinta…hatiku juga kayak lagi jatuh cinta…karena postingan tentang Palestina hampir disetiap blog , benar-benar membuat hati teristi-iri perih…mungkin sekali-kali perlu penyegaran ya?…hanya doa yang kita kkirim untuk menguatkan mereka…semoga cinta juga ada di Palestina *

    Kau benar Sahabatku Bidadari Aling.. Mari berdoa semoga ada cinta di Palestina sana..

  34. bang……………………
    cinta apapun adanya yang kita rasakan dalam setiap detik dan beberapa menit selanjutnya adalah sebuah persoalan yang memerlukan proses dalam hayati sebenar benarnya Cinta. Dan sesungguhnya apapun bunga yang masih terlalu lama kita diamkan semuanya berupa anyaman tak pernah kita tahu bilakah kita akan menjauh dari sini.dan bila kita akan segera pergi.akankah kita akan bisa bertemu kembali dalam rasa cinta nya cinta itu sendiri. Dan di tempat yang sempurnalah sesungguhnya bunga cinta itu berkembang dan bersimi di milikNya.
    Aku selalu merindu dendam akan tulisan tulisan abangku ini
    salm hangat selalu

    Akh.. aku selalu tersanjung oleh kata-katamu Sahabatku… Bolehlah kau merindu tapi gak usahlah kau mendendam pada (tulisan) ku … Sahabatku Blue.. πŸ™‚

  35. Dan karena keabadian cinta yang sekejapkah akhirnya abang tak ingin bersapa denganku…………………….maaf!
    salam hangat selalu

    Rupanya kau telah kembali Sahabatku…
    Tidakkah kau lihat aku selalu datang membantu membersihkan pekarangan rumahmu Sahabatku..?

    Salam hangat selalu.. πŸ™‚

  36. cinta itu indah..
    yang membuatnya tidak indah mungkin karena ada ‘kepentingan-kepentingan’ akan cinta..

    ^^

    aku ga pandai bercerita tentang cinta, Mas Nug..
    tapi, karena menurutku cinta itu indah, aku ingin mengajak, mari kita hiasi dunia dengan cinta dan kasih.. πŸ™‚

    Kau benar sekali Sahabtku Bidadari Reni..
    Indahnya cinta justru sering ternodai oleh kepentingan2 yang mengatasnamakan cinta…

    Dan kau juga benar, yang pasti dunia ini akan damai dan berwarna jika dihiasi cinta.. πŸ™‚

  37. selamat malam,mas Nug.
    tubuh malam ini lagi sedikit krodit,hehe
    bagaimana khbrnya.
    salamku.

    Selamat pagi Sahabatku (skrg udah pagi nih). Gimana hari ini sudah enakan belum badannya..? Istirahat aja mumpung weekend.. Take care..

    Salam hangat

  38. “Cinta adalah anugrah yang datang dalam satu paket kenikmatan dan kepedihan yang menorehkan sejarah kehidupan manusia…”
    Kata-kata yang sangat bagus mas Nug.. πŸ™‚
    Juga yang ini… “Saat kau mendekat, DIA juga akan selalu dekat denganmu, DIA tak akan menjauh..” Betul banget..
    Tapi kalo aku dekat ma Mas Nug kira-kira gimana ya? Mas Nug ga suka kentut kan? Wekekekek.. senyum dong mas.. Kan Sassienya udah di-handle dnegan baik… πŸ˜€

    Makasih Bidadari Upik.. πŸ™‚

    Hm.. hati2 jangan terlalu dekat denganku, karena sebagian besar temanku bilang aku GALAK.. Jiakakak.. πŸ˜€

    Yup, aku berdoa untuk Sassie-ku, dan berusaha tersenyumm πŸ™‚ Can you see..? Nih senyum lagi.. πŸ™‚

  39. apa arti cinta dalam implementasi kehidupan kita………..???

    Wah.. sebuah pertanyaan yang dalam, sahabatku. Jika aku yg ditanya, jawabku: orang yang mengimplementasikan cinta dalm kehidupan, akan secara otomatis menjadi lembut hatinya dan membagi keindahan jiwanya itu pada kehidupan kesehariannya. Jika kemudian yg terjadi sebaliknya, tentukan itu bukan cinta.. πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s