IBSN: Gak Bisa Melupakannya..? Simpan saja..


Photobucket

By: ASN, Jakarta, 27 Januari 2009

Saat memberikan komen-ku pada seorang sahabat yang patah hati, aku terpikir untuk membaginya disini, untuk sahabat dan bidadari lain..

Ada banyak cara memandang kesedihan..
Salah satunya adalah dengan melihat sekeliling, ke persoalan yang dihadapi orang-orang lain disekitar kita…
Jika kita perhatikan dengan seksama orang2 disekitar kita, akan dengan mudah kita lihat banyak orang yang mempunyai persoalan yang ternyata jauh lebih berat ketimbang persoalan kita dan dia masih bisa melewatinya dengan tegar..
Biasanya dengan begitu kita akan tersadar bahwa seharusnya kita juga akan baik2 saja dan bisa lebih tegar.

Aku teringat sebuah suara lembut seorang bidadari yang pernah sampai digendang telingaku pada suatu malam:

    “Kalau sedang kehilangan jiwa, aku sering pergi ke Rumah Sakit Dharmais. Melihat dan mendengar mereka-mereka yang berjuang dibalik sakitnya yang parah, aku seperti menemukan jiwaku lagi, menemukan semangatku lagi..”

Kemarin di mobil, aku juga mendengar sepotong lagu Bunga Citra Lestari, kalo gak salah judulnya “Simpan Dihati Saja” dari CD albumnya yang pertama dan berpikir..
Hm.. benar juga yaa..
Karena memang prakteknya susah sekali menghapuskan perih dihati, dari pada susah2 mencoba melupakan dan hati tersobek berdarah-darah, kenapa gak disimpan saja dihati..?
Biarkan aja cinta itu ada, bersemi dihati..
Taruh disuatu tempat dalam salah satu ruang direlung hati..
Jangan dibuka-buka.. biarkan aja disana..
Dan, bukan dihapus atau berusaha melupakan…
Dalam kehidupan nyata, cinta tak harus selalu memiliki kan..?
Justru sering kali cinta adalah merelakan.. melepaskan..
Kadang sakit memang..
Tapi bukankah itu juga bagian yang tak terpisahkan dari cinta..?

Hidupku bukanlah hanya
Memikirkan cinta
Dan tak harus slalu memiliki
Sudah biarkan saja cinta itu ada
Bersemi dihati saja..

Apakah metode ini bisa menolong..?
Mungkin bisa dicoba… 🙂

Ayo semua.. tetap SEMANGAT yaa..!!

    *Foto Bunga ini (aku gak tau namanya) diambil di Kampoeng Bamboe, Caringin, Bogor, tanggal 31 Desember 2008, pukul 06.17 pagi.
Advertisements

42 Responses

  1. Iya..kalo emang dalam cinta itu ada kenangan indah, kenapa harus kita hapus hanya karena setitik buram diujungnya. hal yang perlu kita lakukan adalah tetap melangkah..tetap melangkah..tetap melangkah [ nasehat buat diri sendiri nih..]

    eh kalo g salah ni pertamaxx..ya
    [hore..hore..hore..setelah sekian jam blogwalking]

    Wah.. betul PERTAMAX. Selamat ya, sahabat baruku Romli..
    Salam kenal.. 🙂

  2. Setuju deh sama daddy,kadang semakin kita ingin melupakan justru semakin dalam perasaan dan luka yang kita rasa..

    Patah hati itukan manusiawi ya dad, mau nangis juga masih oke kok..cuma jangan sampai kefikiran gak mau jatuh cinta lagi apalagi sampai mau bunuh diri ..ich naudzubillah deh..jangan ya!!

    Dalam hidup ini cinta mungkin gak akan datang cuma sekali..
    Jadi kudu nyiapin hati untuk menerima dan menemukan cinta yang lain lagi..

    Optimis aja dan jangan pernah lelah mengumpulkan kepingan kepingan hati untuk dilem lagi xixixi..

    Patah hati emang sakit banget..tapi selalu ada hikmah dibalik rasa sakit itu, seenggaknya jadi bisa lebih membuka mata hati kita dan harusnya menjadikan kita jauh lebih kuat dari sebelumnya..

    Aih aih ngomong apa sih sassie he he..

    Keep spirit ya all..
    Miss u dad..^^v

    Hi.. Sie,
    Kamu kok dari TK sampai sekarang (Hm… sepertinya sih masih SD), masih aja suka main lem dan nyambung2in kepingan kepingan hati gitu yah..? Xixixi..

    Gak kok, you right angel.. we simply need tp face it right..?

    Miss u too..
    Love,
    Dad 🙂

  3. Acik yang pertama lagi..
    *sambil bawa cappucino n hot chocolate*

    Hahaha.. kamu kesalip sama Mas Romli, sepertinya tuh.. 🙂

    Tapi itu Cappucino nya kesiniin aja.. buat daddy.. Makasih yaa. Kamu baik deh.. 🙂

  4. Hetrix juga ah sekalian..
    *ngasih secangkir cappucino ke daddy dan duduk manis dibangku taman menikmati sarapan dan secangkir hot chocolate sambil nunggu yang lain datang*

    Ya.. duduk sini disebelah daddy, Sie.. Daddy kangen nih.. 🙂

  5. PAGI Mas Noeg n’ all 😀

    De kirain bakalan ketinggalan kereta postingannya Mas Noeg, eehh…ternyata masih dapet nomor urut 2. Duucchhhh….cenengnya 😀

    Ikut sie aacchhh……minum hot chocolate, sambil nunggu sarapan yang akan dikasih Mas Noeg pagi ini…..

    Hehehhehehe….hehehehe…

    Urutan ke-3 bidadari De.. Hari ini selain minum cappucino atau hot chocolate yang dibawa oleh bidadari Sassie, aku ada Roti Roast. Hm.. Sepertinya kurang nendang yaa… bentar aku buatin Mushroom Cream Soup yaa… 🙂

  6. Pagi bang…..,apa kabar hari ini…..???

    Semoga Allah selalu mencurahkan Rahmat dan Kasih sayang_Nya kepada abang dan pengunjung blok ini.

    Sepertinya saya nggak koment tentang isi dari postingannya….

    Yang saya ingin komentari di mana mengambil gambar bunga lilin tsb,bunga lilin itu kesukaan saya mulai dari kecil,saya suka sekali menghisap madu yang ada di dalam kelopak sarinya,rasanya manis banget.Seperti madu alamai….

    Salam damai penuh cinta di dalam Rahmat dan Ridho Allah SWT

    Amiin.. Makasih doanya sahabatku bidadari Mujahidah Wanita..

    Wah makasih yaa, aku baru tau kalo bunya itu namanya Bunga Lilin. Itu ada catatannya. Foto itu kuambil di kampung bambu, Caringin Bogor, tanggal 31 Desember 2008 lalu.. 🙂

  7. SETUJU sama shi,
    Karena semakin kita berusahan untuk melupakan ‘Dia’ dalam hati dan fikiran kita maka akan semakin jelas juga semua hal tentang ‘Dia’ dalam ingatan kita.

    De juga jadi inget penggalan lirik sebuah lagu:
    “Hanya butuh 1 jam untuk aku bisa mencintaimu, tapi butuh waktu seumur hidupku untuk bisa melupakanmu”.

    So…..hal yang bisa kita lakukan bukanlah ‘Melupakan’ karena menurut de itu ga mungkin, karena suka ga suka atau mau ga mau setiap orang or kejadian dalam hidup kita yang pernah singgah dihati dan hidup kita separahapapun luka yang pernah ‘Dia’ goreskan ga bisa kita hapus ( Kecuali kita benturkan kepala kita supaya amnesia 🙂 )MAKA……berusahalah untuk menjadikan ‘Mereka’ hanya sebuah histories dan simpan dalam hati saja…….

    Akh.. Bidadari De emang pinter.. Tapi awas yaa.. kalo sampai suatu hari kejadian trus denger berita ada yang amnesia segala.. Hahahaha 😀

  8. Mas Nug,

    Hidup memang tidak melulu soal cinta dan patah hati, jadi putus cinta tidak berarti the end of the world ah! *sambil nasehatin diri sendiri yang sering nangis kalau pas kumat mellownya! hihihi*

    So many things to think about. How about career? Loving family? Friends? Health? Seolah semua menjadi tidak penting ketika sedang patah hati…

    Ini pencerahan yang bagus, Mas Nug.
    Thanks for the great morning!

    You got the point angel Lala… We are human, and love is only a part of our life. Could we reverse of life..? I don’t think so. Life is one way direction, i.e. future. So it depend on us, what to be filled in for our future life.. 🙂

  9. mas…kalau hatiku sedang gak enak aku selalu berbicara sama diri sendiri seperti ini :

    “Time will heal everything”

    Believe it or not…aku jadi lebih enak memandang segala sesuatunya…
    dan maaf aku gak percaya ungkapan bahwa cinta gak harus memiliki…buat aku kalau memang gak bisa memiliki gak usah cinta 😛 cinta-nya dirubah aja jadi sayang sebagai temen…akan lebih enak 😀 *keras kepala ya mas :P*

    Morning mas…Tournament Golf ku sukse loh 😉

    Hm.. ada pointnya tuh, bidadari Ria.. 🙂
    Bahasa ‘cinta’ emang sering rancu ya.. Iya aku juga suka membedakan gradasinya dan ada ‘sayang’ dibawahnya yang bisa lebih dari sekedar teman, tapi bukan seperti cinta kepada kekasih atau suami/isitri gitu (yg selalu diikuti dengan keinginan memiliki) yaa.. 🙂

  10. kesedihan sering hinggap di hati yg patah…namun itu harus tetap dihadapi..jangan menengok kebelakang jika itu berat…tetaplah maju dan biarkan itu hanyalah menjadi sebuah cobaan 🙂

    Setuju sahabatku.. walaupu jalan terseok-seok kita tetap cuma punya pilihan untuk jalan maju kan..? 🙂

  11. Aku setuju sama Ria saja… kalau yang dimaksud adalah cinta eros.. cinta pada pasangan… Ya kalau nggak bisa memiliki dirubah saja menjadi cinta yang phileo, a friendship love.. Apakah cinta phileo ini lebih rendah nilainya? Wow tidak , karena apakah arti hidup ini tanpa mereka..

    I love to be with all of you..!

    We love you too bidadari Na.. 🙂

  12. Semangat juga….!

    Asyik.. Bidadari Shanty emang selalu SEMANGAT..!! 🙂

  13. Time heals all wound..
    *sok bijaksana* 🙂

    Makanya bidadari Ung, kadang ada yang patah hati pake acara loncat sumur segala.. katanya sih mau liat waktu di jam wekernya yang kecebur.. Hahaha 😀

  14. foto bunganya hidup 🙂

    Yaiyalah sahabatku.. itu kan bukan bunga plastik.. Hehehe 😀

  15. hmm…………….mungkin saja aku bisa melupakannya tapi memerlukan waktu kan,Bang? sedang rasa sakit dan eperihan lebih dominan menikmati hasilnya dijiwa.lalu………….sudahkan menyusun kalimat kalimat kalimat tuk memperbaiki perasaan saat duka itu berada di titik permulaannya?
    Jiwa lebih labil ketika mata terlalu kasat memandang luka hatinya.
    Ach, abang………….aku sedang membaca tasbih cintaku kembali dan ku yakin abang pasti mau menuntun membacanya. I NEED U,bang.
    salam hangat selalu

    Hidup kan cuma jalan satu arah, kemuka sahabatku.. kita gak bisa membalikkan waktu dan kita juga gak bisa menaklukkan waktu..
    So, be taft and keep moving forward sahabatku.. 🙂

    Salam hangat selalu untukmu 🙂

  16. Sayangnya saya bukan pengidap ShortTerm Memory, juga tidak terkena amnesia.
    Kalau tidak bisa lupa, ya jangan dipaksa lupa.
    Tanpa ada masa lalu, tidak ada yg bisa kita pelajari untuk hari ini. Dan tanpa kenangan, kita akan jadi manusia yg paling malang, malang karena tidak punya satu hal pun untuk diingat..
    Setidaknya saat tidak ada satu hal pun yg tersisa, masih ada kau dan kenangan, dan itu akan memotivasimu membuat kenangan baru yg lebih manis dari kenangan masa lalu.
    Saat ini pun saya sedang berjuang..
    Berjuang membuat kenangan yg lebih indah..
    Karena saya tau,
    suatu saat saya akan pergi..
    dan hanya meninggalkan kenangan untuk orang2 yg saya cintai..

    Hm.. I like that..
    A reflection of a strong angel, Wia.. I know that is what you are and that is good. So keep it that way ok.. 🙂

  17. Mas.. Mas..
    Kok postingnya tentang patah hati terus siih…?

    Mas Nug lagi patah hati ya?

    Kenapa sih Mas..? aku tetap disini kok… 😀

    Lagi musim uijan soalnya, bidadari Na..

    *gak-nyambung.com* 😀

  18. Mas Nug,
    Jelas kita ga bisa melupakan, karena itu sudah jadi bagian hidup kita, perjalanan kita. Luka, sakit, gembira, bahagia hanyalah satu bagian dari warna perjuangan dari episode kehidupan.. Itulah kenapa manusia menjadi sosok yang paling tinggi dari ciptaan-Nya. Karena kita harus mampu belajar dari rasa yang tertinggal.. Hingga pada akhirnya ada asa dan harapan baru untuk melangkah menjadi lebih baik.. [cieeee Mas Nug, ne mah lagi rada oneng.. commentnya nyleneh pisan..]
    Postingannya bener-bener mengena.. 😀

    Wah.. bidadari Upik kena yaa.. Suer.. bukan aku lho yang tadi lempar kotak post nya.. Jiakakak 😀

  19. Saya setuju mas…
    Kalau kita berusaha melupakan… malah terkadang rasa itu semakin kuat mendorongnya, dan semakin sakit dirasakan.., mau tidak mau kita menyimpanya saja, dan meikmatinya saat dia datang secara tiba-tiba dan tanpa diundang he..he….he..he kayak jelangkung aja ya.. 😀

    Hm.. Bener sahabatku ABi.. Tapi aku baru tau lho kalo selingkuhanmu yang dulu itu ternyata Jelangkung.. Jiakakakak.. 😀

  20. BTW kok postingannya rada mirip ya kayak punya ria dan waktuknya hampir bersamaan…
    Tadi tanggal… sekarang postingan nanti apa lagi ya…
    *Mikir dulu sambil liat buku primbon*

    Akh.. masak sih..? Coba liat.. 🙂

    *Buru2 menuju TKP..*

  21. Iya.. Mas, aku simpan…

    Tapi aku kok nangis terus nih… Hiks.. 😦

    Gak apa2 asal kalo ketemu orang kamu udah senyum lagi bidadari Asti..
    Sepertinya disini banyak kok yang satu aliran denganmu 😉 😀

  22. Bang aku jadi ingat masa lalu ku,,,merasakan betapa sulitnya melupakan seseorang yang telah menyakiti hatiku:(

    Prateknya emang gak semudah teorinya Sahabatku Dyon.. Tapi jika gak dipraktekkan makan sakit itu akan terus juga muncul dan meracuni hidup kita.. 🙂

  23. dalam kehidupan nyata, cinta tak harus selalu memiliki kan..?<

    meskipun aku selalu berpikir begitu, tapi waktu mengalaminya beraaaaat banget.
    dan memang aku selalu simpan di satu kamar jiwaku
    yang sering kulongok meskipun frekuensinya mulai dikurangi.

    EM

    (NB iya nih penasaran sama nama bunga itu, saya juga pernah foto di kawasan puncak)

    Yup, benar senali bidadari Imelda. Kenyataan hidup emang begitu, gak selalu sama dengan yang kita ingin/harapkan. Menjalankannya memang beraaaat banget yaa.. tapi melakukannya dengan sadar akan jauh lebih ringan ketimbang tetap tak menerima kenyataan dan tetap bersembunyi dari realita hidup… 🙂

    NB: Iya tuh, aku gak tau nama bunganya. Tapi itu tadi kata Bidadadri Mujahidah Wanita, namanya bunga Lilin ?

  24. Semua adalah rentetan kehidupan yang tidak bisa kita elakan

    Semua tergaris , ….cinta yang menyentuh ataupun membelah hati

    Suka ataupun duka itulah peristiwa yang pernah membuat kita bersama

    Lupakanlah kepedihan yang pernah dia torehkan seperti hebusan bayu yang berlalu

    Pahatlah kebaikannya didinding hati dan jadikan kenangan dimasa lalu

    Masa lalu adalah tangga untuk meniti masa depan

    Jadikan pelajaran dan ambil hikmahkarena itu peristiwa yang berkesan

    Ini bukan soal perkara, namun pilihan bagaimana kita menghadapinya.

    Bidadari Aling.. kau emang bijak sekali..

    Apa kabarku hari ini..? 🙂

  25. Sapa seh yang lagi patah hati..?
    Aku sih sedang baik2 aja.. Tapi kenapa kemarin pas hujan lebat pohon didepan rumahku ikut patah yaa..
    iih.. serem…

    maksa-nyambung.com 😀

    Pohon juga kalo udah gede patah/ditebang, nunggu gedenya lagi kan lama ya bidadari Tika..?

    Biar-makin-gak-nyambung.com 😀

  26. Cinta ini membunuhku …. D’masive mode ON 🙂

    quote pertama itu betul bang, di dharmais cinta berlabuh, dulu saya pernah menuils itu dblog saya yang lama dan terhapus oleh airmata yang membuat mata saya bengkak semaleman 🙂

    ah cinta memang tak pernah ada …

    Duh.. gue paling gak tahan nih kalo bidadari Ade mulai pake bahasa ‘Rindu’ nya itu…

    Kalau memang cinta itu gak pernah ada.. kenapa donk nangis semaleman bidadariku..?

    Duh.. apa nih yang terbang kesini..? Ampuuun..De.. ini buku Service Manual Honda Jazz yg tebel gini jangan dilempar kesini gitu.. ntar besok2 kalo mau service mobilnya lagi susah lho.. 😉

  27. Rasanya sampai terisi kembali.. terlalu banyak ruang kosong dihati, walaupun sudah nyoba sok sibuk dengan segala kegiatan… Beraaaaatttt banget tuh menetralisir rasa itu lagi…

    Ups.. Maaf Mas Nug, Kok aku jadi ikutan curhat yaa.. 🙂

    Prakteknya emang gak semudah terorinya sahabatku.. Udah.. jalanin dan nikmati aja… 🙂

  28. Oh.. ya, nambahin kata-katanya mba Rindu..
    Cinta itu saya percaya ada.. tapi kebetulan aja gak pernah menghampiri saya…

    Uh.. apa bedanya seh..?? (nyoba senyum lebar) 😀

    Yah.. Sahabatku, kamu kan masih muda.. Jangan prejudice terhadap Allah about our life sahabatku. Ada banyak rahasia yang kita gak pernah tau tentang hidup ini.. 🙂

  29. Tahu mas Nug caraku menghilangkan sakit hati? Jika dgn orang lain aku akan tetap berbaik hati dgn orang tsb, jika dgn orang yg aku cintai maka aku akan tetap mencintai orang tsb. Kenapa? Karena aku ingin dia melihat bahwa aku memang baik, dan berusaha menjadi orang baik. Itu saja…
    Tapi kalo mas Nug menyakitiku paling aku minta dikirimi tulisan aja hehehe nyambung gak sih…

    Bidadari Mataram Enno.. Kalo yang dicintai itu gak bisa dimiliki gimana..? 😉

    Lho ini kok malah masih ngasih soal ujian ke pengunjung segala.. Hahaha 😀

  30. boleh ndak minta di foto 🙂

    Wah.. takut.. ntar kalo kesamber PETIR gimana..?? 😀

  31. Lha satu2x orang yg kucintai adalah my hubby tuh hehehe…dan itupun sebenarx jg bkn milikku, kan aku hanya dikasih pinjam mas…?!
    Btw, aku mampir kok mas Nug gak nawarin es teler ma bakso tenis seh ha..ha.. ngarep.com
    Trus td pintu keluarku kan dah kututup smua, kok msh bs kabur, piye to?

    Wah.. dalem banget tuh kata2nya bidadari Enno.. “sebenarx jg bkn milikku, kan aku hanya dikasih pinjam mas…?!”

    Yaa.. udah.. dari pada mikir yang berat2 nih aku Semangkok Bakso Tenis dan Es Teler.. Makan bareng yuuk.. buat merayakan keberhasilanku kabur dari rumahmu.. Xixixi.. 😀

  32. Saya hanya BERUSAHA dan BERUSAHA untuk ngga melukai dan menyakiti orang yang saya cintai, jikapun harus berpisah.. saya ingin ia mengenang saya dengan kenangan yg baik, bukan yg buruk2. Jika demikian ada ruang di hatinya yg khusus untuk saya tempati yang tidak mungkin ditempati oleh orang lain.

    Aku gak bisa bilang lain kecuali SETUJU dengan sahabatku Duddy.. 🙂
    Walau saat berurusan dengan hati sendiri aja kadang gak semudah apa yang kita pikirkan.. apalagi jika berhubungan dengan hati orang lain yaa..
    Yang penting tetap BERUSAHA dan BERUSAHA yaa.. 🙂

  33. maka dari itu, slalu ucapkanlah:

    aku mencintaimu karena Allah. jika pada akhirnya kita harus berpisah. Mungkin bukan kamulah yang Allah pilihkan untukku. Bukan akulah yang Allah pilihkan untukmu. Aku bahagia bisa mengenalmu. Kau mengajarkanku bagaimana rasanya perpisahan itu. agar aku selalu siap berpisah dgn orang2 yang aku cintai. agar aku slalu siap meninggalkan dan ditinggalkan mereka. juga dunia.

    🙂

    Hm.. dalem dan bener banget nih.. Sahabatku Fatur..
    Dengan membuat kesadaran seperti itu diharapkan kita akan lebih siap yaa.. Hanya emang ruang dihati yang terluka itu gak sedemikian mudah sembuh seperti kalo dikulit yaa.. Kan kalo luka dikulit tinggal dikasih betadin ajah.. Hahaha.. 🙂

    Apa khabarmu sahabatku..? 🙂

  34. Sepertinya memang benar
    kan kusimpan saja 🙂

    Hi Sahabt baruku Achoey.. Makasih sudah berkunjung kerumahku..
    Salam kenal yaa.. 🙂

    Hm.. iya bener, kalo susah ngapusnya, ya disimpan aja.. 😀

  35. Nite dad…
    Sekedar mampir tuk ngingetin jangan terlalu lelah bekerja, jangan telat makan,jangan tinggalin sholat
    *cerewet mode ON*
    Love…
    S’ssie

    Hi Bidadariku Sie (yg cerewet..).. 🙂 Yes, I will..

    Love you too,
    Dad 🙂

  36. tersenyum…karena biasanya manjur untuk menyembuhkan luka hati…

    selamat siang mas…aku mo ngundang lunch bareng nih 😀

  37. kalo tidak mau mem-foto…”SI MERAH”-nya aku rampok lho (*tunggu tar malem ya…) 🙂

  38. hooooo,
    salam kenal

  39. Semoga hujan akan berganti pelangi…!

  40. cinta memang sejuta rasa, dengan rasa cinta kesabaran kita diuji, dengan rasa cinta keberanian dalam berkorban dperlihatkan, dan dengan rasa cinta keyakinan kita pada suatu yang tidak tampak dikokohkan. Semoga kita bisa menjalani cinta sesuai dengan jalan yang ditetapkanNya.

    Hi.. sahabat baruku Bawono. Makasih sudah berkunjung kerumahku yaa…
    Semoga kita bisa menjalani cinta sesuai dengan jalan yang ditetapkanNya.” Amiin…

    Salam kenal yaa.. 🙂

  41. selamat malam maz……………
    tentu saja blue tak akan pernah bisa melupakan..postingan abang yang ini….karena disini ada nyawa persahabatan yang sampai saat ini masih blue rasakan meski ada sebagian yang hanya sebuah kenangan itu sendiri………..tapi blue tetap semangat menitipkan salam hangat blue untuk semua sahabat sahabat itu sendiri……………..

    salam hangat selalu untuk persahabatan ini,maz!

    malam Sahabatku Blue.. ada apa kok tiba2 balik ke tulisan lama..? 🙂

  42. Melepaskn bukan akhir dari dunia, v awal dr sauah khidupan baru.. Brusahalh unk trbang kmbali k alam bebas,meski hnya dg mgunakn sayap2 yg mungkn tlah patah, krn waktulah yg akn mmulihkn sgalanya. . ( menghibur diri nich… Coz lg BT jga.. Heuheuh… )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: