IBSN: Daddy tau gak?


Photobucket

Sepotong kutipan sms Sassie denganku Rabu, 4 Maret 2009.

08:44 Sie: … Mmh Daddy tau gak..?

09:21 Dad: Tau apa sayang..? Daddy suka sih, tapi lebih suka tempe dari pada tahu. Xixixi.. 🙂

09:22 Sie: Semakin hari sie makin sayang dan cinta sama daddy. ….indah banget dad, kadang sie menitikkan air mata karena ‘rasa’ itu. thanks ya dad. I love you with every beat in my heart *hug*

09:24 Dad: Hm.. Sie tau gak..?

09:31 Sie: Hmm.. tau pasti mau bilang daddy juga kan? *ketularan narsis mode on*

09:44 Dad: Daddy menyayangi Sie sepenuh hati seperti ke tiga anak Daddy yg lain. Mengalirkan segenap kasih sayang itu …berharap anaknya menangkap getar rasa itu dalam frekwensi yang sama dan berikan energi tak terbatas untuk menghangatkanmu, mengurangi rasa sakit atau ketidaknyamananmu, memompa semangatmu saat turun, menambah keberanianmu saat kau takut, menyentuh jiwamu dan hatimu agar sie dapat melihat ada keindahan kasih sayang seorang ayah yang tulus dan selalu hadir setiap waktu untuk anaknya demi sebuah kebahagian dimasa depan.

10:04 Sie: Ah dad *cry..* Daddy selalu bisa sie merasa jadi istimewa. Rasa sayang daddy sama sie memberi kekuatan luar biasa untuk tetap survive.. sie selalu bersyukur dianugrahi Allah cinta seorang ayah dari daddy yg gak pernah sie rasain, yang dulu cuma mimpi. Rasa ‘sakit’ sie ini gak sebanding dengan nikmat dan bahagia yang Allah kasih buat sie. Jadi kalaupun nanti sie pergi, semua sudah lengkap sie miliki. Sie punya ayah yang sangat mencintai sie, ayah yang selalu mengalirkan kekuatan cinta buat sie.. dan sie juga sangat mencintai daddy selamanya sampai menutup mata.. *menangis haru dan bahagia*

10:20 Dad: Udah.. Jangan lama2 nangisnya. ….kalo Daddy ikut nangis ntar hilang deh gaya sok macho nya. Hahahaha… (narsis habiz.com). Hehehe
I Love you much, angel. Hold my hand, raise your head and lets fight to the end.. for our better and beautiful future.. Ok..?

10:56 Sie: Ok.. dad.. I wil.. *menggenggam kedua tangan daddy dan menatap daddy dengan mata yang basah penuh cinta*
Sie akan bertahan dan berjuang demi cinta, demi hal yang indah yang akan sie lakukan dimasa depan..

Namun, kondisimu yang memang berat kadang membuatmu down juga. Dan itu sangat manusiawi sekali. Dan dititik itu, untuk mengurangi beban pikiranmu, aku biasanya justru membelokkan topik dan membawa pembiacaraan kearah topik ringan dan bercanda. Aku masih ingat saat suatu hari diakhir jam makan siang dikantorku, bercanda dan aku mengganggumu. Lalu kau melepaskan si Bobi (anjing Herdermu) dan aku kabuuur.. (dan kembali bekerja lagi). Lalu esok hari, saat mengunjungi menanyakan kabarmu, aku gak mau masuk dan hanya berdiri dipagar luar rumahmu. Kau tanya “Daddy kenapa gak mau masuk..?” Aku bilang “Gak.. Liat nih gara2 Bobi kemarin, jeans baru Dad robek pantatnya.. (sambil mengangkat dan menunjukkan jeans yang robek pantatnya)”. Lalu kau pun ketawa ngakak guling2.. dan hari itu, kau mengisi harimu (yang sesungguhnya berat) dengan ceria. 🙂
Sekedar catatan agar lebih jelas: Semua itu hanya dilakukan melalui sms dan dunia imaginer. Walaupun ingin, saya tidak pernah bertemu Sassie secara langsung, hingga saat ini (dia telah berpulang).

Dihari-hari terakhirmu, Sie menikmati juga komunikasinya via sms dgn Cindy (istriku). Ini adalah copy ekspresinya beberapa sesaat setelah mendapat akses dan berkomunikasi langsung dgn Cindy. Sms tercatat tanggal 8 April 2009:

14.58 Sie: Daddyyy..
Sie seneeeeeng bangeeeet.. tadi sie smsan loh sama mommy.. dad benar, mom memang baik dan punya hati seluas samudra… sie bangga sama mom,bener-bener bangga.. …sie gak penah akan berhenti bersyukur untuk semua kebahagiaan yang Allah kasih hari ini. Sekarang hati sie tenang dan siap lahir batin menghadapi apapun.. makasih ya dad.. love you all..

Oh girl..
Kau sudah banyak memberi tanda dan menggunakan bahasa2 jiwa untuk berpamitan. Namun aku memang gak mau memperdulikannya karena dititik kondisimu yang kritis, kau tetap butuh semangat dan keberanianmu ditingkat maksimum.

Kondisimu terus menurun.. Aku masih terus mencoba menyemangatimu dan memberimu Award dan kau masih bisa tersenyum dan mengekspresikan rasa senangmu walau harus hanya dari atas tempat tidurmu dibantu di Pinky. Please keep on fighting.. keep on smiling.. I will alway be here with you.

Saat kondisimu terus menurun menjelang akhir perjalananmu dan saat kau dipindahkan ke ICU, aku tau tempat itu akan merawatmu dengan lebih baik. Kami cuma minta agar jangan sampai Sie menderita atau kesakitan dan dokter bisa menolongnya mengurangi penderitaan atau rasa sakitnya itu…

Melihat keikhlasanmu… sesungguhnya kami pun ihklas Sie.. dan mendoakan yang terbaik bagimu dan dimudahkan jalanmu..

Sempat kehilangan kontak beberapa saat, lalu akhirnya kami mendapatkan berita kepergianmu..

Selamat jalan anakku..
Tak ada kesia-siaan upaya dalam kehidupan
Kita pun sudah melakukan upaya maksimal
Tak ada sesal atas jalan hidup yang sudah ditakdirkan untuk masing2 kita

Banyak pelajaran kehidupan yang telah kau berikan pada semua kita
Tentang arti keberanian, ketabahan, kekuatan hati, keikhlasan, kemandirian, berbagi, kasih sayang..

Catatan:
Tulisan ini sengaja aku tulis untuk menuangkan sisa jejak bersamamu anakku. Bukan untuk berbagi kesedihan, tapi untuk berbagi cerita pada kita semua, betapa hal kecil, perhatian, berbagi dan kasih sayang serta uluran tangan kita yang sesungguhnya sangat mudah dilakukan (karena bisa cuma lewat SMS, email atau telepon singkat), bisa sangat berarti buat orang lain.

Bagiku menjadi mudah karena aku melakukannya dengan hati dan setulus hati.. Walaupun harus kuakui tidak semua orang sependapat dan bahkan beberapa memberikan penilaian yang tak proporsional pada kedekatan kita. Tak mengapa, karena tidak semua orang terbiasa mengekpresikan rasa dan hati melalui media komunikasi seperti internet, sms, dsb (bukan bertemu langsung secara fisik) dan kadang orang hanya bisa melihat sesuatu dari satu sisi saja dan tak melihat keseluruhan konteksnya.

Terima kasih untuk Cindy, istriku tercinta, yang ditengah kesibukannya yang luar biasa, dengan hati bersihnya turut mengulurkan tangan dan memberi dukungan yang sangat berarti untuk Sassie. Juga terimakasih pada semua sahabat2 IBSN dan sahabat2 Sassie yang tak bisa kusebutkan satu persatu, yang aku tau terus memberinya support, membesarkan hatinya, menyemangatinya, menyanyanginya, berdoa untuknya, hingga dia tidak merasa sendiri dan akhirnya dia bisa pulang membawa senyum bahagianya..

Selamat jalan Sie.. Sayang dan doa kami selalu menyertaimu.. Kami tau kau bahagia dan tersenyum disana..

    * Asli Foto “Merpati Mendarat Pulang” ini kuambil di Keraton Ratu Boko, Jogjakarta, tanggal 27 Maret 2009, pukul 12.56 WIB.
Advertisements

33 Responses

  1. Ikut berduka cita Pak…
    Saya ngga pernah mengenal Sassie sebelumnya, tapi membaca blognya dan orang-orang terdekat dengannya, saya sangat trenyuh dan menghargai apa yang bapak dan keluarga lakukan untuk terus menyemangati almarhumah.
    Selamat jalan, Sassie…

  2. selamat jalan sassie….
    tulisan ini membuat saia menangis…

    kepada keluarga yang ditinggalkan harap tetap bersabar dan senantiasa ikhlas…

  3. perkenalan dengan sassie masih terukir indah di hati mbak. waktu berjalan begitu cepat, kepergian sassie pun begitu cepat. Allah sayang sama dia begitu besar sehingga sie tak lama menderita

    sie selamat jalan sahabatmu kan selalu mengenangmu

  4. wempi bener-bener dibuat menangis selama 2hari ini, membaca postingan dan komen tentang sassie. wempi terlambat mengenalnya. but berkat daddy wempi jadi tau, kalo wempi belum terlambat untuk mengirimkan do’a.

  5. Kita semua akan selalu menyayanginya kan mas 🙂

  6. turut berduka, pak. semoga anda sekeluarga tabah.

  7. Was Mas..
    Banjir lagi deh mataku…
    Speechless… 😦

  8. Sekali lagi aku kagum pada kalian berdua Mas. Sangat inspiratif dan memberi banyak pelajaran bagi kita semua. Sebuah hubungan imaginer yang indah antada seorang daddy dgn anaknya yang luar biasa..

    Berdoa, semoga Sassie mendapat yang terbaik disisiNYA..

  9. Pak.. memang kasih itu harus diekspresikan jangan menunggu hingga waktunya terlewat.
    beruntung bapak memiliki waktu2 tersebut, walaupun berduka belajar untuk mengikhlaskan ya pak… agar Sashi tenang disana…

  10. Mas Nug & mbak Cindy terima kasih atas infonya yach. Semoga Sassie mendapatkan tempat yang terbaik disisi NYA. Meski kita semua sangat kehilangan seorang Sassie yang sangat kita semua sayangi, tapi bagi kita, Sie akan tetap hidup di dalam hati kita, krn lewat dia kita memahami banyak hal yang terkadang kita lewatkan begitu saja. Terima kasih atas sharing2nya. Semoga banyak hal positif yang dpt kita petik dari ini semua. Terima kasih Sie, selamat jalan…

    Best regard,
    Bintang

  11. Duh… walaupun gak bermaksud membagi kesedihan, mohon maaf Mas, aku gak bisa menyembunyikan kesedihanku membaca tulisan ini.. 😦

  12. Namun setelah membacanya lagi perlahan, aku menangkap dengan jelas maksud atau pesan yang disampaikan lewat tulisan ini.

    Terima kasih untuk telah berbagi memberi inspirasi..

    Sering kali aku menunda atau menghindar untuk berbagi atau melakukan sesuatu yang sesungguhnya dengan mudah bisa kulakukan. Akh jadi malu..

  13. Seperti Mas Nug bilang diatas.. kita ikhlaskan kepergiaannya yaa..

    Aku yakin Sassie akan mendapat tempat terbaik disisiNYA. Dan Kenangan tentangnya akan terus hidup bersama kita semua..

  14. Kejam sekali bila ada yang memberikan penilaian tak proporsional pada kedekatan ayah dan anak …
    Hhh,, padahal kita semua tau,, bahwa Sassie membutuhkan semua dukungan yang bisa kita beri ….
    Bahkan sepertinya,, dengan spiritnya,, justru dialah yang memberikan pada kita kekuatan, bukan sebaliknya ….

  15. terharu…terharu… sampai butiran kecil ga tertahan akhirnya jatuh juga…. Do’a kami mengiringi kepergianmu sie… mahap blm mengenalmu lebih dalam hanya via coment di blog saja… mahap sie… walau begitu suatu kebanggaan telah mengetahui tentang dirimu.. ^_^

  16. Ah.. Mas Nug masih dalam suasana berkabung..

    Semoga serti Sassie yang telah ikhlas, kita semua juga mengikhlaskannya yaa.. Aku yakin dia berbagia sekarang…

    Doaku menyertainya..

  17. Hm.. ada yang salah menilai juga yaa Mas..?
    Kadang orang gak bisa bidakan dunia maya dengan dunia nyata Mas.. Mungkin karena emang gak terlalu ada batasan yang jelas dan kadang tercampur atau saling mempengaruhi juga..

    Gaya bahasa yang ‘romatis’ di Blog ini juga gak semua orang kuat atau siap atau menangkap dengan biasa2 aja… Mudah2an aja gak ada “maksud buruk” atau “kepentingan lain” dibalik penilaian2 itu…

  18. Tapi aku sih senang2 aja tuh dipanggil bidadari disini.. atau disguhi Hot Chocolate pagi2 saat berkunjung..

    Gaya bahasa Sassie yg manja dengan Daddy-nya yang memanjakan dia sepertinya sih menurut aku juga wajar2 aja..

    Tapi sudahlah.. Sekarang Sassie juga sudah bahagia disisNYA. Semoga rumah Mas nug yang selalu kukunjungi ini tetap teduh dan penuh cinta kasih seperti selama ini..

    Blog ini banyak sekali memberi inspirasi bagiku..

  19. Mas Nug,
    i wish i knew her before today…before that day, exactly… not much that i can say about her, but lot of stories that i know about her from someone who very close to me…

    may she rest in peace, in the Hand Of Allah, with all grace from her friends and family who loves her at all time…

    makasih ya mas Nug sudah berbagi…saya turut merasakan..

  20. Ikut berduka cita ya Mas Nug..
    sama kayak Harsa, saya berharap bisa kenal Sassie sebelumnya.. Tapi walpoun begitu, Sassie sudah mengajarkan saya tentang arti persahabatan dan kekeluargaan ada dimana2 di dunia maya sekalipun..

  21. Allah Maha Besar telah melimpahkan suatu masa, meski singkat dan berakhir dini
    meninggalkan kemilau sinar yang senantiasa kekal hingga usia berakhir..
    Selamat jalan Sassie. Kini, Allah memberi jalan kebahagiaan yang kekal …
    Terima kasih Mas Nug telah berbagi cerita yang sangat indah untuk di simpan dalam sanubari setiap pembaca.

  22. 17 april saya masih ber-sms ria dg sassie, di akhir sms yg saya terima ada permintaannya utk di bacakan surah ya-siin selama 7 hari jikalau dia menghadap sang Khaliq nanti..
    Setiap selesai baca ya-siin, saya akui ternyata saya juga tidak mampu menahan air itu..ternyata kita semua mmg sangat kehilangan sassie seperti halnya dadd and mom nya… 😦

  23. Kemarin malam saya kembali membaca semua sms-2 yg pernah Sassie kirim…
    Miss her.. 😦

  24. Pagi2 dikantor mataku jadi bengkak nih Pak Nug..
    Terharu sekali..
    Speechless..

    Maaf ya Pak, baru sekali nulis komen langsung ngotorin pekarangannya dgn air mata.. 😦

  25. Selamat jalan…..kita semua pasti berdoa untuk sassie 😦

  26. Kita smua merasa kehilangannya…
    walau cuman didunia maya tapi ketegarannya, bisa menjadi semangat…

  27. semoga di sana almarhumah bahagia
    karena semua cinta yang pernah dia torehkan
    dalam kehidupan

  28. saya ikut berduka cita,dan semoga sasie diterima di sisinya.amin

  29. Semoga Sassie bahagia disana, …..

  30. . . . terima kasih,, mbak sassie, pak nug, dan teman2 yg lain telah banyak berbagi hikmah. . .

    *lagi2 menitikkan air mata…

  31. […] IBSN: Daddy tau gak? […]

  32. Subhanallah…. cerita sassie sangat menyentuh hati saia, membacanya membuat miris hati ini, keteguhannya, kekuatannya, keberaniannya… saia rasa bukan saia saja yang terinpirasi, sekedar usul buat daddy.. jadikan tulisan sei menginspirasi lebih banyak orang. saia sangat mengharapkan tulisan sei bisa dibukukan, sehingga tulisan sei bisa lebih memberikan manfaat bagi semua orang. 🙂

    salam manis buat sei;
    thanks dad

  33. […] mau baca tulisan tentang perjuangannya terakhir, neh di sini atau di […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: