Sulitkah untuk jujur..?


Danau Brunnen 04

By: ASN, Jakarta, 7 Mei 2009

Menghirup aroma nikmat kopi disudut cafe itu
Sekilas aja mengamati sekeliling
Mengapa selalu saja dengan mudah menangkap kebohongan..?
Mengapa sering kita dengan mudah menangkap ketidakjujuran..?
Ketidakjujuran dipekerjaan, didunia usaha, dikeluarga, dilingkungan pergaulan, dikegiatan olahraga, bahkan kadang pada diri sendiri..

Sulitkah untuk jujur..?
Ya, jika sudah terlanjur masuk dalam suatu kebohongan
Sering kali kejujuran memiliki kosekwensi yang tidak ringan
Namun, sesungguhnya juga tidak sulit
Jika kita biasa dan selalu menerapkannya dalam diri sendiri

Lantas, kenapa donk tetap aja begitu banyak orang2 yang gak jujur..?
Bahkan mereka terkesan ‘berani‘ dengan mengambil langkah2 yang tidak jujur itu..

Meneguk kopi hangatku disudut cafe itu..
Aku tersenyum menemukan sebuah jawaban
Sebuah keterbalikan pemikiran dan kenyataan
Orang tak jujur justru karena takut
Takut dibilang penakut, takut dinilai tak berhasil, takut dianggap gak gaul, takut dianggap bodoh, takut ketahuan berbuat salah, takut kalah, takut macem2…

Kejujuran hanya dimiliki manusia pemberani..
Hanya orang pemberani yang akan berkata jujur
Dan berani jujur pada lingkungannya
Atau setidaknya berani jujur pada dirinya sendiri..
Dan menjalani semua berdasarkan sesuatu keadaan yang sebenarnya

Yuuk.. kita pastikan kejujuran adalah dan menjadi bagian dari kehidupan dan kebiasaan kita. Jujur itu, mudah dan nikmat kok..

    *Foto “Kabut & Dingin di Brunnen” ini diambil dipinggir Danau disebuah kota kecil Brunnen, di Switzerland tanggal 6 Juni 2010, pukul 20.10 waktu setempat.
Advertisements

28 Responses

  1. Jujur kepada diri sendiri.
    Ah, terkadang inilah yang paling sulit dilakukan, padahal sejatinya ini adalah modal utama kita, ya, Mas…

    Wah.. bidadari Lala pertamax yah.. ๐Ÿ™‚
    Bener sekali, sebenarnya gimaka mau jujur keorang lain kalo kitanya gak jujur kediri sendiri yaa.. ? ๐Ÿ™‚

  2. Kejujuran itu soal kemauan
    setuju sekali mengenai kejujuran adalah milik orang – orang pemberani…. ๐Ÿ™‚

    Yup, betul sekali bidadari Eka, 100..!!

  3. Saya pribadi sih merasa ngga terlalu sulit untuk jujur…

    Benar seperti yg Mas Nug bilang kalo udah masuk dalam suatu kebohongan akan sangat sulit untuk jujur, di mana kebohongan yg satu akan diikuti kebohongan-2 yg lain (yg berikutnya)… dan begitu seterusnya..

    Another nice post Mas Nug ๐Ÿ™‚

    Makasih sahabatku Aa’ Duddy. Iya sekalo bohong biasanya akan terjadi domino effect kebohongan untuk menutupi kebohongan2 sebelumnya.. Makanya enak yag jelas2 aja ya.. ๐Ÿ™‚

  4. semakin kita percaya diri semakin kita bisa jujur untuk mengakui bahwa untuk suatu hal kita tidak bisa. Karena kita tahu kita mampu dalam hal-hal yang lain.
    intinya pede deh mas hehehe.

    saya mau jujur mas…
    saya suka………….fotonya. Mistis.

    Ingin kumelangkahkan kaki memasuki kabut dan merasakan dinginnya kabut tanpa bisa melihat sesuatu apa. Akankah di sana menunggu seorang vampire? hihihi

    EM

    Bidadari Emiko bener banget.. PD aja yaa.. ๐Ÿ™‚

    Hahaha.. Mistis dan Vampire… Aku suka tuh imaginatif banget.. Jiakakakak ๐Ÿ™‚

  5. Wah.. setuju dengan Mba Ikkyu san, foto mistisnya, keren tuh Mas..

    Mas Nug, sebenarnya lebih susah mana sih jujur terhadap orang lain atau diri sendiri..?

    Ampuun Mas, aku jangan dibuang ke hutan berkabut itu… Iya maaf kok malah bikin pertanyaan baru… ๐Ÿ˜‰
    *Kebanyakan nonton Harry Potter nih.. Hehehe* ๐Ÿ™‚

    Mana yang lebih susah.. jujur pd diri sendiri atau orang lain? Hm.. Bidadari Asti, pertanyaannya susah tuh.. Mestinya kalo kediri sendiri lebih mudah kali ya.. Karena kita kan gak perlu malu atau takut kalo kediri sendiri. Kalo ke orang lain kadang ada rasa khawatir orang salah ngerti, atau khawatir akibatnya yang bisa gak enak, dll, dll.. ๐Ÿ˜‰ Tapi yg pasti kalo kita udah biasa jujur dan tidak merasa perlu menyembunyikan sesuatu, mesti kediri sendiri atau keorang lain juga gampang2 aja (gak susah) kok.. ๐Ÿ™‚

  6. Wah.. sepertinya kalo kediri sendiri kita gak bisa bohong ya Mas.. Tapi kadang kita susah adalah untuk bersikap tegas, termasuk pada diri sendiri..

    Maaf, aku sok tau.com nih Mas.. ๐Ÿ˜€

    Hm.. bener juga sahabatku Tony.. kadang emang ada gap antara kejujuran yang ingin kita lakukan dengan keberanian bertindak tegas (mempertimbangkan sikap jujur kita tadi) yaa.. ๐Ÿ™‚

  7. Kejujuran sering terkubur di dalam hati sanubari. Dan kita pun menjadi buta utk melihat, mendengar dan berbicara atas nama kejujuran. Jujur ya mas, aku selama ini sering bahkan terlalu sering mengingkari kejujuran. Tulisan ini serasa menusuk jantung sanubariku. Seakan memaksa aku utk melihat indahnya arti sebuah kejujuran. Oh..maafkan aku Tuhan..maafkan aku Kawan.

    Walaupun kadang kerasanya gak enak diawal, aku kok setuju dengan sahabatku Hary dan percaya bahwa kejujuran itu sesungguhnya indah lho.. ๐Ÿ˜‰ Jadi sayang kan kalau kita neyia-nyiakan keindahan.. ๐Ÿ™‚

  8. Malam Mas Nug,
    Rasanya dalam dunia dan kehidupan saat ini, kejujuran seperti sebuah berlian dan sulit ditemukan yaa.. Aku gak bermaksud pesimistis, tapi sepertinya terlalu banyak kemunafikan dan kebohongan dalam keseharian kehidupan dimasyarakat yaa..

    Terima kasih sudah mengingatkan Mas.. ๐Ÿ™‚

    Hm.. pasti habis ngikutin dunia politik atau kasus KPK yah bidadari Tika..? ๐Ÿ˜‰

    Gak usah pusing2 mikir atau liat keluar deh.. kadang kita cukup dan akan bahagia kalo bisa jujur dengan diri sendiri.. ๐Ÿ™‚

  9. Tidak bisa komentar banyak…
    Baca tulisan ini bener-benar memaksa saya intropeksi diri…

    Sesungguhnya ini juga catatan bagi diriku sendiri juga kok sahabatku Abi.. ๐Ÿ™‚

  10. Yuuk.. kita pastikan kejujuran adalah dan menjadi bagian dari kehidupan dan kebiasaan kita. Jujur itu, mudah dan nikmat kok..

    seperti segelas kopi tadi yah mas…. nikmat tenan… hi..hi….

    Iya, benar sahabatku Uzi.. selamat merasakan nikmatnya kejujuran yaa.. ๐Ÿ™‚

  11. Jujur dan Kejujuran…

    Seseorang yang jujur akan mendapati hatinya selalu tenang. Orang akan berlomba-lomba bermuamalah dengannya, karena orang yang jujur tentunya dapat dipercaya, orang lain akan merasa tenang berada di dekat seseorang yang jujur. Orang yang jujur adalah se…

    se… apa sih, sahabatku Aa’ Duddy ๐Ÿ™‚

    • Orang yang jujur adalah se…orang penjaga amanah bagi orang yang masih hidup, pemegang wasiat bagi orang yang sudah meninggal.

      Yup. Benar, itu adalah bagian dari kejujuran yaa.. sahabatku Aa’ Duddy ๐Ÿ™‚

  12. waaduh berarti saya perlu instropeksi diri kalau kaya gini biar semakin percaya diri

    Kamu gak percaya diri jangan2 gara2 gak pake baju gitu sih.. sahabatku Masnoe.. Jiakakak :mrgreen:

  13. Katakan dengan jujur, walau pahit kenyataanya….
    Jujur membuat hati tenang tanpa ada beban, tidak seperti kebohongan yang membebani diri.

    Betul sekali, sahabatku Azhari… ๐Ÿ™‚

  14. Sulitkah untuk Jujur …??
    Seharusnya amat gampang sangat !!!
    Hawong cerita apa adanya kok … ndak ditambah … ndak dikurangi … kok susah …

    Tapi kenapa ya kok (kadang) susah ???
    Sebab … kita suka melakukan cerita yang “tidak baik” sih … jadi susah ngomong apa adanya …

    mangkanya kita harus berlaku baik … pasti kita akan mudah saja untuk jujur … ringan … tanpa beban …

    Aku setuju sekali sahabatku Oom Trainer.. ๐Ÿ™‚

  15. Entah mungkin terlalu naif atau kurang sensitif,
    saya merasa tidak terlalu mudah melihat suatu ‘ketidakjujuran’ karena berpretensi bahwa semua orang berpikir simpel seperti apa yang saya pikir… Kadang, setelah beberapa saat baru saya tersadar, yang saya lihat tadi adalah sebuah ketidakjujuran..

    Saya jadi introspeksi nih,
    jangan2 sayapun lambat menyadari ketidakjujuran yang mungkin telah saya lakukan..

    Thanks for the lessons learned Mas, belajar jujur !!

    Cara hidup dan pandang seperti itu udah paling bener bidadari Tanti. As simple as we thing.. Jadi kita akan dengan ringan memandang dunia dan menikmatinya tanpa beban..

    Hanya kadang saat berjalan, kita terbentur, tersentak atau melihat banyak realitas “lain” atau “tidak seperti yang kita pikirkan”. Dan, baru ngeh, terlalu banyak orang yang berjalan dan hidup dengan menggunakan topeng, bukan dengan wajah dan hati aslinya.. ๐Ÿ™‚

  16. kejujuran itu memang memerlukan keberanian, baik untuk yang mengatakan kejujuran maupun yang mendengarkan kejujuran… setuju seperti yang dikatakan oleh mba Lala dan pendapatnya mas Nug, setidaknya harus jujur sama diri sendiri….

    Yup. Aku setuju sekali sahabatku Harsa.. ๐Ÿ™‚

  17. Mas..
    Ada tulisan begini.. Berdirilah didepan cermin, disanalah tampak bayangan orang yang paling bertanggung jawab terhadap semua sukses dan gagalmu…

    Kadang orang tidak jujur pada diri sendiri, membohongi diri sendiri untuk menghibur diri dan tidak cukup kuat untuk menerima kekalahan ya Mas…?

    Ikut belajar jujur deh..

    Baru tau sekarang kenapa Politisi2 suka mecahin cermin.. Jiakakakak.. Apa kabarmu bidadari Na.. ? ๐Ÿ™‚

  18. Jujur lah…karena sekali kita berbohong, kita akan menciptakan kebohongan2 lagi kedepannya…

    harus bener2 intropeksi diri ya mas ๐Ÿ™‚

    Yup. benar sekali bidadari Ria. Sekali bohong, pasti akan berlanjut deh dengan kebohongan2 berikutnya.. Jadi sedapat mungkin jujur dimuka selalu akan jauh lebih baik…

  19. Aku baik-baik saja mas..

    Lho iya tho Mas.. Wah bingung juga ntar kalo mau rapat dandannya dimana kalo semua cermin dipecahin…:D

    Jiakakakak.. Tukang cermin disekitar DPR laku deh, bidadari Na.. ๐Ÿ™‚

  20. malam bang.
    blue sedang belajar tuk menyempurnakan arti jujur dalam tubuh dan jiwa ini bang.
    krna keseringan telat with janjinya

    salam hangat selalu
    bue kembali again

    Jujur itu emang perlu pembiasaan selain dipelajari, sahabatku Blue.. ๐Ÿ™‚

  21. Jadi, melakukan kebaikan pun memerlukan keberanian..
    Padahal harusnya, kita bisa melakukan hal yang benar tanpa harus takut pada sekitar kita..
    Tapi kalau kita sudah takut melakukan hal yang benar, dan berani melakukan hal yang salah.. Berarti, ada yang hal yang salah, entah pada diri kita, entah pada lingkungan sekitar kita..

    Yup. Dalam dunia dengan standard moral yang sudah terbalik-balik seperti saat ini, melakukan kebaikan pun memerlukan keberanian. Karena kejujuran dan kebaikan seperti barang langka dan seakan melawan arus.. Lihat aja betapa sulitnya memberantas para Koruptor.. Karena ternyata korupsi sudah meracuni sedemikian banyak orang dalam sistem kehidupan kita (disemua lini). Akibatnya jika ada yg ingin memberantas Korupsi, udah seperti pahlawan, padahal bukanlah emang sudah seharusnya begitu dan itu hal yg biasa2 aja..? Iya tindakan itu jadi biasa jika sejalan dengan nilai dan perilaku mayoritas anggota masyarakat, tapi jika itu minoritas, memerlukan keberanian untuk melawan arus seperti itu.. ๐Ÿ™‚

  22. Betul….hanya orang berani yang mengatakan kejujuran….karena mengatakan kejujuran juga tak mudah, selalu ada risiko yang akan diterima. Untuk menutupi risiko ini, orang menjadi tak jujur…padahal kebohongan yang satu akan ditutupi dengan kebohongan lainnya

    Bidadari Bunda Enny, menarik sekali kalo liat pertanyaan sahabat Auzi diatas.. Bukankah seharusnya emang untuk berbuat baik dan jujur orang gak perlu berani karena udah seharusnya. Mestinya kalo berbuat gak bener atau gak jujur justru orang perlu keberanian, kan udah jelas2 salah..?

    So, akhirnya kita tau seperti apa nilai2 yg terlanjur berkembang dimasyarakat kita yaa..? ๐Ÿ™‚

  23. Mas, aku skrg sbnrx juga sdg tdk jujur pd diri sendiri…aslix hatiku menangis, tapi bibirku hrs tersenyum baik thdp anak, tmn2, dan keluarga…beraaaaat….

    Hm.. itu artinya pd orang lain bidadari Enno.. ๐Ÿ˜‰ Tapi percaya deh.. kekuatan untuk bisa tersenyum pada orang lain itu akan berdampak memperkuat diri kita sendiri juga, apapun beban yang sedang kita rasakan…

    Dan Tuhan gak memberi cobaan diluar batas kemampuan kita… So, keep moving forward, positively No.. I know you can.. ๐Ÿ™‚

  24. fotonya bagus,,,, 2 minggu lalu aku baru aj maen ke sana,,,

  25. sulit banget but itu juga kalau kondisi jiwanya emang dalam rangkaian tuk bersikap seperti itu. But blue rasa bukan soal sulit atau tak sulit hanya kondisinyalah yang secara penjiwaannya pada akhirnya menguatkan tuk bersikap kita mesti jujur atau tak jujur.
    contohnya……….
    blue pernah banget bertanya pada diri sendiri sejauhmana sih blue mengenal blue secara utuh. Tapi ternyata blue tak menjawab dengan kejujuran di realnya sebuah kehidupan blue itu sendiri. bluw mASIH

  26. benerโ€ฆ..katakanlah yg jujur walaupun itu pahitโ€ฆklau bohong trtekan batinnnโ€ฆ
    bang kami menyediakan buka gratisโ€ฆklau mau silahkan kunjungi di
    http://masamudamasakritis.wordpress.com/ silahkan baa petunjuknya dan komentarโ€ฆ

    Yup.. itu betul sekali sahabat.. ๐Ÿ™‚

  27. maz aku sering g jujur ma pacar aku, karna pa aku takut kahilangan dy kalo aku jujur….tp saat aku bener2 berubah ingin jujur dy g percaya ma aku …………… g tau mesti gmana lagi buat dy sadar kalo aku dh berubah n mau jujur ma dy …………….
    ne lah hubungan aku mady makin ribet suka berantem masalh g jujur ………………………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: