Bangunan, refleksi budaya dan harapan


Shanghai
Photobucket

By: ASN, Jakarta, 26 Juli 2009

Jin Mao Building
Photobucket

SWFC Building
Photobucket

Memperhatikan 2 gedung tertinggi di dunia yang ada di Shanghai
Spontan, aku menangkap dimensi lain sebuah bangunan
Refleksi budaya dan harapan

Bangunan yang muncul pertama, Jin Mao Building
Merekleksikan kebesaran Mao, pemimpin China
Budaya yang unik, kuat dan kompleks
Garis2 keras yang kental
Upaya menutup diri
Kesan angker

Sementara, yang muncul kemudian, SWFC Building
Refleksi modernisasi dan pusat keuangan dunia
Menjulang jauh lebih tinggi tapi simple
Image modern yang kental
Upaya membuka diri
Kesan ramah

Hm..
Betapa karya cipta manusia tak lepas dari kata hati
Membawa sejarah manusia pada masa itu dan harapan kedepan
Memberi pencitraan diri yang nyata dan representasi suatu budaya

Jika melihat icon bangunan2 diberbagai belahan bumi
Jadi ingat kota-kota dan bangunan2 di tanah airku tercinta
Beberapa menatanya dan memberinya warna budaya
Beberapa hanya mendirikan bangunan kubikal tanpa karakter
hingga hanya terkenal sebagai kota “Ruko” yang penuhi jalan2nya

Semoga saja pembangunan fisik negeriku
Bisa memberi pencitraan yang baik tentang karakter bangsa
Bisa memberi pencitraan yang jelas tentang harapan bangsa
Menuju modernisasi tanpa tinggalkan budaya baik bangsa

    *Foto2 “Pencakar Langit di Shanghai” di atas kuambil di Shanghai tanggal 23 Juni 2009 antara pukul 20.28 sampai 22.03 waktu setempat.

10 Responses

  1. Pertamax kah ?

  2. Tapi setidanya Jakarta masih punya monas yang katanya sebagai perwujudan ketegaran dari sebuah perjuangan….

  3. Sepertinya yang atas pertamax ya…
    Biarin deh maksaain untuk hetrix, udah lama enggak ngacak-ngacak halaman rumahnya mas nug 😀

  4. Memang Om, di negeri kita ini bangunannya koq menurut aku tidak berkarakter, ya kita cuma punya Monas saja yang sudah menjadi ciri pencitraan Jakarta, semoga arsitektur Indonesia lebih kreatif dan tahu kalau negri kita itu negeri tropis, bukan banyakin rumah kacanya 🙂

  5. Iya ya, aku perhatikan kedua bangunan itu mempunyai karakter yang sangat berbeda.

    Beberapa wilayah Indonesia, Bali misalnya, juga sangat berkarakter kok, bangunannya, Mas.. 🙂

  6. Bener mas.. Kalo jalan kebanyak wilayah Indonesia, sayang aja budaya lokalnya gak terwakili dibangunan2nya…

  7. Wah.. minggu ini ada the Bikers lagi yah jam 13.30 di ANTV..Ada mas Nug lagi yaa..?

  8. Nug di kampung gue sih sepertinya lumayan bagus (berkarakter) tuh bangunan2nya.. 🙂

  9. Apakah keistimewaan kota terlihat dari bangunan yang megah?
    tapi memang bangunan yang bagus itu akan membuat kota itu menjadi lebih bagus dan terkenal.
    semoga saja nanti bangunan di jakarta akan lebih baik lagi, tentunya bagus dan aman.
    salam sayang…
    Stop
    Dreaming Start Action

  10. Bener mas.. Bangunan SWFC itu terlihat plain, sangat simple dan modern. Sementara jin Mao Building itu seperti penampakan pimpinan China, Mao. Hiiii… serem.. 😦

Leave a Reply to Pasang Iklan Gratis Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: