Rumah Adat


Photobucket
Photobucket

By: ASN, 1 September 2009

Rumah adat
Tradisi yang kental sekali
Refleksi budaya suatu bangsa

Rumah Adat
Tempat adat istiadat dipertahankan
Dan para pendekar duduk melingkar mendengar petuah

Rumah adat
Tempat terlihat senyum malu wajah2 ayu dibalik jendelanya
Pekarangannya yang bertabur bunga, menari gadis2 jelita berpakaian warna warni

Rumah adat
Kini kau menghilang satu persatu
Tergantikan bangunan-bangunan modern budaya masa kini

Rumah adat
Satu dua tersisa sekedar dijadikan kenangan
Tak lagi memberi akar kokoh tradisi pada putra negeri

Rumah Adat Minangkabau. Dahulu aku masih sering melihat bangunan seperti ini yang beratapkan ijuk yang hijau berlumut. Kita telah sulit menemukannya, dan kalaupun ketemu, kadang sudah beratap seng. Sepertinya banyak rumah adat lain dinegeri ini yang mulai menghilang satu persatu. Melestarikan budaya memang tak mudah. Perlu usaha serius agar nilai2 budaya itu tak hilang begitu saja..

    *Foto “Rumah Adat Minangkabau” ini kuambil dijalan antara Padang – Bukit Tinggi pada tanggal 24 Mei 2009 pukul 08.05 WIB.

11 Responses

  1. bener mas…rumah adat, tradisional, peninggalan budaya yang sebetulnya harus dilestarikan mulai hilang. SEpertinya butuh perhatian dari semua baik pemerintah dan masyarakat sekitar untuk mengusahakan pelestariannya.

    Bangsa yang maju tidak akan melepaskan kebudayaannya begitu saja.

    EM

  2. Rumah adat
    Juga ada senyum2 ramah jejaka mas hehe..
    Kalau dikota sih mungkin sudah jarang, tapi di desaku masih banyak rumah tradisional -joglo-…
    Kapan2 touring ke tempatku mas, dilereng gunung kelud🙂

  3. Benar sekali mas nug. Perlu usaha serius menjaga budaya kita. Kalo gak, bentar2 diaku sama negara2 lain tuh satu2 budaya kita.. lama2 habis deh…😉

  4. Aku merasa Sumatra Barat (seperti juga bali) masih agak lumayan dalam menjaga budayanya pada bangunan2 diwilayah itu. Tapi melestarikan budaya pada bangunan tradisional yg asli, sepertinya memang tidak mudah dan butuh biaya…🙂

    Setuju Mas. kita semua mesti menjaga itu…

  5. hmm, di desa blue justru sebagian penduduknya sudah mulai di rubah bentukbangunannya padahal blue pengen seperti rumah rumah yang dulu tetapi sudahlah ………….kesadaran dan keadaan ternyata telah buas mengalahkan keinginan kita tuk tetap menjaga keutuhan rumah tradisional kita.
    salam hangat selalu
    kangen juga blue ke rumah maz nug nih heheh……..

  6. Eksotis sekali !
    Oom, di Matraman, ada gedung baru yg pembangunannya belum selesai mengusung gaya Minang ini.
    Tapi memang tidak ada yang bisa menggantikan keaslian rumah adat seperti itu.

  7. dulu di dekat rumah di makassar masih banyak rumah panggung khas makassar, tapi sekarang sepertinya sudah kena gusur…berganti bangunan modern na permanen. jangan-jangan besok-besok harus ke museum kalau mo liat rumah khas setempat yah…

  8. Nug, rumah gue yang lo foto itu..? Itu kan kampung gue..

    Sebenarnya Lo mau foto rumah atau gadis2 sedang latihan nari piring dihalaman nya..? Hahaha…😀

  9. Saya jadi teringat Rumah Gadang yang di Batu sangkar …
    Yang dulu terbakar itu …
    Saya beruntung sempat berkunjung kesana …

    Bagaimana kabarnya sekarang ya
    Apa sudah dibangun lagi …

    salam saya

    Dalam waktuku yang singkat kemarin aku sempat cek. Katanya belum selesai dibangun lagi, sahabatku. makanya aku gak jadi belok kesana kemarin.. Mudah2an cepat jadi yah itu “Istana Pagaruyung” di Batusangkar..🙂

  10. aku seperti pernah melihat rumah ini…😀

    rumah gadang kepunyaan keluarga kami musnah dibakar oleh belanda, dahulu. sekarang yang tinggal hanyalah kenangan pahit akan peristiwa itu. beberapa kerabat ada yang sudah membangun kembali rumah gadang mereka, tapi sudah dengan sentuhan modern…

  11. Iya rasanya duluuu banget aku pernah tuh ke Rumah Gadang di Batusangkar… Cantik sekali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: