Korupsi vs Teroris, lebih bahaya mana?


By: ASN, Jakarta, 10 Oktober 2009

Tergelitik oleh status sahabatku Mas Cahyo di fb-nya pagi ini yang gemes karena cepatnya penanganan dan eksekusi Teroris dan lambatnya penanganan Korupsi aku membuat komen begini:

    Orang2 merasa terancam dengan teroris, tapi gak merasa terancam dengan korupsi yang telah meluluhlantakkan (budaya, moral, birokrasi, sistem ketatanegaraan, pendidikan dan SDM serta hampir seluruh kehidupan) bangsa ini. Heran yaa..


Sepertinya untuk masalah teroris semua pihak merasa seperti terancam dan menemukan musuh bersama. Sementara salah satu akar penyebab munculnya terorisme dan militansi yang berlebihan itu menurutku adalah faktor ketidakadilan dan itu terutama disebabkan oleh hancur dan luluh lantaknya sistem moral, hukum dan kenegaraan bangsa ini akibat korupsi.

Orang sering menganggap remeh seakan-akan korupsi tidak membunuh atau menghilangkan nyawa orang. Padahal korupsi, itu jauh lebih dasyat akibat buruknya ketimbang narkoba dan bisa jadi lebih berbahaya ketimbang teroris. Ia menghancurkan bangsa ini dan membuat bangsa kita yang besar dan kaya (dengan sumber alam dan sumber daya manusia) menjadi tertinggal jauh dibandingkan bangsa2 lain. Orang2 yang disebut teroris itu hanyalah produk akhir yang muncul dipermukaan dan bukan akar masalah yang sesungguhnya.

Udah akh… materi ini keluar pakem dan terlalu berat untuk menikmati weekend ini.. Have a great weekend everyone…🙂

Suatu renungan singkat tentang kehidupan..

    *Foto “Api” ini kuambil di Kaki Gunung Pangrango, di Kampoeng Bamboe, Caringin, Bogor, tanggal 30 Desember 2008 pukul 20.06 WIB.

11 Responses

  1. Hmmm… gak dianggap remeh koq oom..
    nah kan skr udah ada KPK barti dianggap serius tuh oom🙂

    Namun saya setuju sekali bahwa korupsi itu berarti kan ada hasrat untuk memperkaya diri… ah.. bukankah awal kejatuhan manusia adal krn hasrat untuk selalau cint uang?

    nice weekend juga Oom🙂

  2. Iya Mas.. Berat tapi menarik nih topik.

    Mikir cara paling cepat hapus korupsi di negeri yang korupsinya udah seperti mendarah daging hampir melibatkan hampir seluruh engeri ini..

  3. Lmyn-lah mas Nug biar sedikit berpikir di akhir minggu, drpd fesbukan trs wkwkwk….
    Menurut saya itulah tanda2 bumi itu bulat…loh apa hubunganx ya??!! Hehehe…kidding mas….
    yUp degradasi bangsa berawal dr degradasi moral rakyatx. Salah satux ya korupsi itu….hmmm…hrsx orang2 yg korupsi itu di “stamping out”…!!!

  4. Pagi Nug..
    Duh.. pagi2 udah disuguhi sarapan berat gini..

    Tapi gak apa2lah sekali-kali kita semua juga harus mikirin masalah ini juga karena sangking sudah sedemikian parahnya, hampir tidak ada yang bisa lolos dari masalah ini di Indonesia. Menurutku Korupsi lebih berbahaya dari teroris. Teroris hanya membunuh beberapa orang dengan sasaran tertentu (walau dalam prateknya juga meluas tanpa bisa dibatasi). Korupsi sesungguhnya membunuhi anak2 bangsa kita sendiri dan membunuh banyak sekali rakyat Indonesia secara perlahan. Lebih parahnya membunuh sistem pemerintahan, hukum, ekonomi, lingkungan hidup kita secara perlahan tapi nyata. Bahkan salah2 bisa menyebabkan penjajahan atas seluruh bangsa ini akibat kita jadi bangsa yang tertinggal dan tertekan dalam pergaulan internasinal baik secara teknologi, ekonomi, militer, pangan, dll.. Korupsi berdampak jauh lebih besar dari terorisme. Rasanya jika keadilan disemua bidang (ekonomi, hukum politik, dll) tumbuh subur di Indonesia, teroris akan mati sendiri dan tak mendapat tempat dimasyarakat.

    Aku terpikir seperti di China, koruptor dihukum mati. Tapi masalahnya, hukum (atau aparat hukumnya) di Indonesia juga korup. Akibatnya orang gak takut dengan ancaman hukuman seberat apa sekalipun karena berfikir hukumnya juga bisa dibeli kok. Salah2 yang paling efektif adalah jadi hukum rimba, ala Petrus sekitar tahun 80an dulu. Dalam sekejap penjahat hilang atau kapok. Mestinya bisa diterapkan pada koruptor juga tuh…

  5. Oalah… kenapa aku jadi berapi-api gini pagi2 yah..

    Udah ah.. Aku minta sarapan aja deh…

    *Duduk yang rapi dimeja nunggu sarapan..🙂

  6. Kayaknya lebih bahaya yang nanya dech….
    *piss*

  7. Saya menunggu postingan yang “sesuai pakem” saja kalo begitu …

    However …
    Sekali – sekali perlu juga sih keluar pakem …

    BTW : Korupsi itu apa bukan Terorisme juga ya …
    Bedanya … hanya “pakai dasi” atau tidak bukan ?

    (komen yang tidak sesuai pakem juga nih …)🙂

    Salam saya

  8. Topik yang berat tapi perlu Mas…

    Sepertinya sama2 bahayanya tuh.. Keduanya sama2 perlu dicegah atau diberantas tuntas tas tas….🙂

  9. Akus etuju dengan Mba Dien.. keduanya sama2 bernayaha dan perlu diberantas Mas…

  10. kayaknya dua2nya bahaya deh😀
    secara dua2nya itu mati satu tumbuh seribu…

  11. Dua2nya sih bahaya…
    Hanya aja karena yang satu main fisik (Teroris) kesannya lebih bahaya… Padahal, korupsi emang halus dan perlahan, tapi sebetulnya mungkin membunuh lebih banyak orang (secara tidak langsung)…

    Udah ah seyeeemm…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: