Hasil vs Proses


By: ASN, Jakarta, 6 Desember 2009

Pernahkah memperhatikan dimana puncak kenikmatan orang memancing?
Pada saat mengalahkan ikan diujung pancing dan mendapatkannya.
Bukan saat memakan hasil tangkapannya

Pernahkan perhatikan dimana puncak kenikmatan pemain bola..?
Pada saat menggolkan gawang lawan..
Bukan saat mengangkat piala kemenangan

Hasil pencapaian sesungguhnya hanyalah sebuah simbol
Orang sering terbuai oleh suatu hasil
Tentu, hasil yang baik adalah sesuatu yang tetap harus disyukuri

Namun sesungguhnya kepuasan jiwa atas hasil lebih bersifat seremonial
Sisi nurani yang dalam dari manusia tak akan menyangkal
Kepuasan yang hakiki terletak pada proses pencapaian yang benar dan bukan hasil

So, sahabatku apapun yang sedang kau lakukan dalam kehidupan, lakukan prosesnya dengan benar dan dengan sebaik-baiknya. Itulah yang akan menentukan seberapa bernilai dan berharga sebuah pencapaian (apapun itu) diujungnya nanti.

Sebuah perenungan diujung proses pencapaian pendidikan S2 ku..

    *Foto “Bintang Di Batu Jalanan” yang merupakan suatu simbol ini kuambil di depan gedung Parlemen Italy di Roma, tanggal 12 November 2009, pukul 09.48 waktu setempat.

12 Responses

  1. bener mas… hasil kan hanya “puncak” dari proses…
    saya sedang menikmati sebuah proses yaitu membesarkan anak-anak….🙂

  2. Setuju… hasil itu kan cuma apa yang ada di pikiran kita, bisa tercapai, bisa tidak. Hasil itu kan belum pasti. Tapi kalau proses kan apa yang kita alami sekarang, yang real

  3. 100% setuju Mas.. Prose lebih penting. Tanpa proses yg benar asil apapun yang dicapai tak akan bisa bernilai sesuai dengan yg diharapkan..

    Nice posting Mas..🙂

  4. Setuju banget Mas..🙂

  5. Setuju Mas..

    Wah, mas nug S2 ya..? Selamat ya Mas…

    *Sambil gigitin S Mambo aza… Srluup…🙂

  6. Setubuh Nug… Selamat ya jadi MH.. Top deh..🙂

  7. Selamat ya mas…semoga ilmu yg di dapat bermanfaat buat orang lain…
    dan menjadi kepuasan saat sidang ya😛 bukan saat wisuda😉

    *jadi teringat kuliahku yg gak kelar2 itu😀 *

  8. ga suka liat orang yang mancing ikan2 besar di laut abis foto2 dilepas lagi. kasian ikannya, bibirnya udah keburu dower dan bolong. nanti gimana kalau mereka diasingkan teman2nya di bawah laut karna cacat? T_T *imajinasi terlalu tinggi*

  9. ..
    Hasil vs proses =…
    Dimenangkan proses dengan Tko dironde pertana..

  10. Proses yang baik, tentu akan menhasilkan hasil yang baik (apapun hasilnya). Betul gak Mas..?🙂

  11. Betul sekali pak …
    The HOW …
    The WHAT …
    ini mestinya seimbang …

    Namun sayangnya …
    Banyak Bos-bos melihat hanya the What …
    the bottom line …No matter the How …

    Ibarat kata …
    mereka tak peduli dengan indahnya gocekan … dribling ,,, tendangan pisang … dan sejenisnya ,..

    mereka hanya melihat … Gol atau tidak !!!
    (kalau tidak GOL … percuma saja gocekan indah tak terperi itu )

    Salam saya
    (ini postingan kok ya pas banget saat-saatnya Assessment tahunan yak … ?) hehehehe

  12. penting mana tuh? klo prosesnya buruk? hehehe,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: