Kebebasan..


By: ASN, Jakarta 28 Desember 2009

Tatkala teriakan kebebasan itu terdengar keras
Dan kepalan-kepalan tangan terangkat tinggi
Semangat kebebasan membara diujung jiwa
Ada banyak mata tertuju dalam tanya

Apakah sesungguhnya arti kekebasan itu..?
Apakah benar ada kebebasan yang benar-benar bebas..?
Apakah kebebasanmu itu sama dengan kebebasan orang lain juga..?
Apakah kepalan tangan dan suara lantangmu bukan sebuah kemarahan dan pemberontakan atas sebuah tatanan nilai semata..?

Kau malah balik bertanya..
Bahkan berteriak, mencoba mempertahankan ruang kebebasanmu
Tanpa pernah bisa menembus segala batasan tatanan nilai itu
Sementara waktu terus melaju di rel kehidupan dengan cepat

Lalu kau terduduk dikursi kayu melihat keluar jendela kamar
Atas nama kebebasan, merenungi hari tuamu yang sepi
Menyadari diujung hidup dan batas keberdayaan

Sesungguhnya kau berada ditengah suatu kehidupan
Dan itu bukan hanya sekedar kumpulan manusia
Kehidupan adalah struktur bangunan tatanan nilai
Dengan pagar berduri tajam dan tembok-tembok yang mengelilinginya
Kebebasan yang hakiki, hanya ada dalam hati manusia

Sebuah tanya dan perenungan arti kebebasan yang hakiki

    *Foto patung “Small Liberty”, sebuah simbol kebebasan ini terletak ditengan Seine River. Kuambil dari pinggir Seine River, Paris, tanggal 14 November 2009, pukul 09.03 pagi hari, waktu setempat.

12 Responses

  1. Sebuah perenungan yang tajam tentang kebebasan mas..

    Aku suka nih postingannya.. Mengingatkanku tentang realitas kehidupan..

    Thank you for sharing Mas Nug..🙂

    Makasih sahabatku Tony..🙂

  2. Aha.. PERTAMAX yaa..? Lama gak berkunjung, dapat Pertamax. Aku minta Singkon panas + Keju dan Kopi Hitam aja deh Mas…

    *Duduk sambil pasang muka berharap dan memelas, di teras Rumah Mas Nug..*:mrgreen:

    Yup, Pertamax. Yuuk, sarapan sambil minum kopi bareng..🙂

  3. kebebasan itu sangat berbahaya, tapi itu salah satu hal yg patut kita perjuangkan, bener ya mas? hehehee…

    Kebebasan mestinya sih gak berbahaya, sahabatku Deni, asal digunakan pada tempat dan batasan yang tepat..🙂

  4. Tak ada kebebasan yan tanpa batas dalam kehidupan…

    Uraian yang dalam Mas..🙂

    Yup, bener sekali bidadari Dien..🙂

  5. Lhooo kok ada patung liberty disitu Pak…
    Monasnya mana??? xixixixi

    Iya tuh Bidadari Kreasi.. Aku juga sempat kaget dengan tanda di peta atas adanya patung Liberty. Lalu saat ku cari (ternyata gak jauh dari hotel tempat aku menginap) dan ketemu, ternyata beneran ada. Terletah ditengah Sungai Seine, tapi ukurannya gak sebesar yg di NY.
    Untuk Monas, ntar yaa.. belum dapat foto yg bagus.. Hehehe..🙂

  6. Nyindir aku yaa Mas…?

    *Sambil buru2 nurunin kepalan tangan saat Demo..*😀

    Wah.. kamu kok tau ya disindir, sahabatku ALi..? Hahaha😀

  7. Kebebasan bukan untuk penguasa dan antek anteknya

    hhmmm moga 2010 Kebebasan buat rakyat untuk berbicara makin dipertegas

    Semoga ya Sahabatku Omiyan.. Kebebasan adalah konsep dasar bagi setiap manusia (tak peduli dia penguasa atau rakyat biasa). Namun justru karena itu (milik semua orang), justru muncul batasan2 alami agar tak terjadi benturan kebebasan tadi..🙂

  8. merasa bebas bukan tentang fisik atau pemikiran
    saya akan bebas ketika saya meyakini saya memang bebas… kadang tak perlu pengakuan orang lain, hanya keyakinan aja…

    *sek… sek… ini yang komen bener inge yah??? binggung ndiri jadinya*

    salam kenal
    ngikut ngintip dan baca…
    trus ijin link yaaaa Om 😀

    Welcome on board, bidadari Inge. Silahkan aja kalau mau jalan2 dipekaranganku, jangan ngintip2 ntar malah ditangkap Hansip, karena dikira mau ngapain (mencurigakan).. Hahaha😀

    Ok, Ntar link mu juga aku pasang..

    Bte pendapatmu tentang kebebasan bener banget. Itu memperkuat statement tulisanku bahwa kebebasan yg hakiki itu adanya dalam hati..🙂

  9. Kebebasan itu sepertinya nilai yang universal tapi ternyata sangat relatif dan individual ya Mas..?🙂

  10. Btw, liburan akhir tahun kemana nih Mas Nug dan keluarga?🙂

  11. Aku suka tulisan ini Mas.

    Gak ada kebebasan yang tanpa batas selagi kita hidup dengan mahluk lain didunia ini. Bahkan singgungan kadang juga terjadi antara manusia dengan hewan2 atau alam saat kesewenang-wenangan (yang bisa juga diartikan sebagai penggunaaan hak kebebasan tanpa batas atau tanpa mempertimbangkan aspek2 kesemimbangan lainnya).

    Ah, aku sok tau banget yah..😀

  12. kalau kata saya kebebasan adalah g terikat ama materi hanya terikat ama tuhan
    silahkan kunjungi wordpress kami juga di
    http://masamudamasakritis.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: