Terowongan


Shanghai

By: ASN, Jakarta, 29 juni 2009

Meluncur turun dengan cepat
Semakin dalam dan dalam
Memasuki lorong panjang buatan manusia
Bertanya dihati, akankah ada langit, dan udara bebas diujungnya?

Berada dibawah dasar sungai dan air yang mengalir diatasnya
Menembus jalan-jalan dan kemacetan kota diatasnya
Menembus kapal-kapal yang lalu lalang disungai yang lebar
Mencoba bernafas dijalur pengap penuh carbonmonoksida

Tersenyum menatap langit saat kembali muncul kepermukaan
Nikmati bernafas lega dan menghirup oksigen diudara terbuka
Menyadari tak ada yang mudah dan nyaman dengan jalan pintas

Jalan pintas, seperti terowongan ini, memberi banyak manfaat. Namun dibalik itu, sesungguhnya tak ada jalan pintas yang dibuat dan dicapai dengan mudah. Bahkan, sering kali jalan pintas mengorbankan sisi lain kehidupan.

    *Foto “Terowongan” diambil disalah satu terowongan dibawah sungai Huangpu menuju Pudong, Shanghai, tanggal 23 Juni 2009 pukul 20.22 waktu setempat.
Advertisements

11 Responses

  1. Met pagi..!
    Apa kabar mas, akhirnya di update juga..

    Pagi sahabaku Septa… Iya nich.. lama gak di up date yah..? πŸ™‚

    Gimana khabarmu..?

  2. Wah..asyik nih yang baru habis jalan jalan ke shanghai,pasti banyak cerita yang seru seru nih.. Saya nunggu ceritanya ya om

    Wah.. saya kerja tuh ke Shanghai-nya Dit.. Jadi gak sempet jalan2 kemana-mana. Ada beberapa foto. Ini salah satu nya… πŸ™‚

  3. Ya ampun..kelupaan nanyain kabar πŸ˜€
    Abis lama banget menghilang ..penggemarnya pada nyariin tuh he he he..

    Mudah mudahan sehat semua dan selalu dalam lindunganNYA.. Amin..

    Amiin.. Kabarku baik2 aja Dit.. Lagi super duper sibuk.. Kamu gimana khabarnya..? πŸ™‚

  4. Mas…. pemandangan kayak gini juga banyak di Tokyo.
    Umi Hotaru juga, setengah di bawah laut dan setengah di atas laut. Aku kan phobia, jadi ngeri setiap lewat terowongan seperti ini. Sebisa mungkin aku tidur, daripada panik. Yang pasti kalo aku nyetir sendiri ngga bakal sampai sini (lewat terowongan) hehehe

    Kapan ke Tokyo mas? πŸ˜‰

    EM

    Hm.. sepertinya banyak orang yg dalam hatinya mikir, tiap kali lewat terowongan yaa..? πŸ™‚

    Most likely, Cindy and I plan to be there in September. I will definetely let you know the detail when it close. πŸ™‚

  5. Nug iseng amat ngisepin CO2 di terowongan. Pake buka jendela mobil segala yah..? πŸ™‚

    Hahaha.. penasaran aja seperti apa rasanya kalo bernafas biasa (gak pake AC) gitu. Uh.. ternyata pengap dan sepertinya banyak CO2 gitu, sebentar juga pusing.. Walaupun, liat ada beberapa mobil yg gak pake AC dan buka jendela, sepertinya bahaya juga bro.. πŸ™‚

  6. Benar sekali Mas..
    Jalan pintas kadang mengorbankan sisi lain kehidupan. Bahkan jika berada dalam terowongan gitu, rasanya tiba2 jadi susah bernafas yaa..?
    Paling enak mungkin dijalan biasa, tapi bisa melaju cepat, kali yaa.. πŸ™‚

    Good reminder Mas. Thanks.. πŸ™‚

    Wah.. kamu pinter banget bidadari Tika. Bener tuh..!! Paling enak kalo bisa lewat jalan biasa, tapi bisa melaju cepat..!! Hm.. πŸ™‚

  7. Aku suka tulisan ringan penuh makna ini Mas.
    Tapi budaya jalan pintas sepertinya udah cukup kental dimasyarakat kita ya..

    Hm.. setelah baca ulang pelan2, tulisan Mas Nug kali ini dalam banget….

    Makasih ya Mas.. πŸ™‚

  8. Aku suka takut kalo masuk terowongan Mas. Kesannya gelap dan pengap. Tapi dari foto ini sih terowongannya bagus yaa, bersih dan gak gelap gitu. πŸ™‚

    Yaa… bidadari Asti terowongan kan gak sama dengan Gua… Hahahaha… πŸ˜€

  9. Dan.. seperti biasa, aku juga suka uraian kata-katanya yang selalu dalam makna Mas… πŸ™‚

    Tapi ngomong2 kalo ada jalan pintas, jadi kaya, pinter, cantik, muda terus.. boleh juga tuh Mas. Biar takut, bisa dipikir2 ulang deh.. Hahaha.. πŸ˜€

    Makasih bidadari Asti.. πŸ™‚

    Hm.. ntar yaa.. kalo dapat bocoran jalan pintas yang itu, aku kasih tau.. :mrgreen:

  10. Benar sekali Mas Nug… Jalan pintas yang digunakan secara keliru, sekalipun tujuannya mungkin baik… hasilnya bisa jadi tidaklah baik…

    Tapi beberapa jalan pintas, sengaja kita bangun, kita buat, kita ciptakan dengan kerja yang mungkin keras yang tujuannya tak lain adalah untuk mempermudah atau mempercepat tercapainya tujuan kita.

    Dan saya percaya, satu – satunya jalan pintas terbaik untuk meraih kesuksesan adalah KERJA KERAS, CERDAS, & IKHLAS.

    *Ceileeeee bahasa nya euyyyy!!!!*

    Menurutku KERJA KERAS betul bisa digunakansebagai sarana akselerasi yg positif. Tapi mungkin itu gak termasuk jalan pintas. Karena bersama kerja keras itu ada proses belajar, penambahan pengalaman dan itu gak sama dengan pengkarbitan proses. Perolehan ilmu bisa dipercepat, tapi keahlian/skill butuh pengalaman dan jam terbang, sahabatku.. πŸ™‚

  11. Jalan pintas memang terkadang menggoda hati, tapi sayangnya kebanyakan membawa petaka.
    Bukan hidup perlu proses, karena dari proses banyak pelajaran yang berharga yang akan kita dapat..
    Kalau pake jalan pintas berarti banyak pelajaran yang akan hilang πŸ˜€

    BTW kalau jalan Tol gimana ya? πŸ˜€

    Jalan toll pada prinsipnya menurutku, bukan merupakan jalan pintas, sahabatku Abi, tapi jalan bebas hambatan. Dalam banyak kasus, jalantol malah muter dan lebih jauh. Tapi karena sifatnya yang bebas hambatan, jalan disana, teorinya bisa lebih kencang dan tujuan bisa dicapai lebih cepat… So, jalan tol menurutku sih baik2 aja.. πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: